Skip to main content

Waktu Sholat Yang Utama

Waktu Sholat Yang Utama

Waktu Sholat Yang Utama Ayyuha readers fillah, semangat terus dalam qiro’ah atau membaca materi keagamaan di web ini, semoga apa yang disampaikan penulis dapat anda pahami seksama, Dalam islam mengenai perkara shalat dan waktu yang diutamakan untuk shalat sudah ditentukan, jika anda semua ketahui tentang ini, maka anda semua akan semangat dalam melaksanakan shalat, oleh karena itu mari kita ketahui bersama perkara Waktu Shalat yang Utama.

Waktu Sholat Yang Utama

Waktu yang Afdhal atau yang utama dalam Shalat adalah pada awal waktunya, atau ketika adzan berkumandang selesai, kita lekas-lekas bergegas untuk melaksanakan shalat, karena yang demikian itu adalah baik keadaanya, dan diutamakan.

Ternyata waktu yang dimaksud juga terdapat tiga kategori, yaitu : Waktu yang diutamakan, Waktu yang diperbolehkan, dan Waktu-waktu darurat. Waktu yang diutamakan adalah yang paling baik, karena didalamnya terdapat keutamaan dan pahala. Rasulullah SAW mengakhirkan waktu shalat Dzuhur hingga panas matahari mereda. Yang demikian itu dimaksudkan sebagai rahmat bagi manusia, sehingga tidak menghilangkan kekhusyu’an.

Dalam Beberapa Hadis Diriwatkan:
“Apabila udara sangat panas, maka Rasulullah menunggu sampai panas itu reda. Apabila sudah beranjak dingin beliau segera mengerjakan shalat.” (HR.Al-Bukhari)
Inilah petunjuk Rasulullah SAW yang senantiasa memperhatikan situasi dan kondisi yang dialami umatnya.

Sementara itu, dimakruhkan tidur sebelum mengerjakan Shalat Isya’. Karena, dikhawatirkan tidur tersebut  akan menjadi penyebab diakhirkannya pelaksanaan Shalat Isya’. Sebagaimana dimakruhkannya menunda-nunda tidur (berbincang-bincang) setelah mengerjakan shalat isya’. Semua itu dimaksudkan agar orang yang tidur tidak kehilangan kesempatan mengerjakan shalat isya’ pada waktunya.

وَكَانَ يَسْتَحِبُّ اَنْ يُؤَخِّرَ اْلعِشَاءَ الَّتِي تَدْعُوْنَهاَ اْلعَتَمَةُ وَكَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَهَا وَاْلحَدِيْثَ بَعْدَهَا (رواه الجماعة)
“Bahwa nabi suka mengakhirkan waktu yang para sahabat menyebutnya sebagai Al-atamah (mengakhirkan shalat isya’), dan beliau tidak suka tidur sebelum mengerjakannya setelah setelah tidak pula berbincang-bincang sesudahnya.” (HR.Jama’ah)

لَوْ أَنْ أَشَقَّ عَلَى أُمَّتِي لَا مَرْتُهُمْ أَنْ يُؤَخِّرُوْا اْلعِشَاء اِلَى ثُلُثِ الَّيْلِ أَوْ نِصْفَهُ
“Seandainya tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka mengakhirkan shalat isya’ pada sepertiga malam atau pertengahan malam.” (Hadis Hasan Shahih)

Hendaklah orang muslim mengetahui, bahwa mereka tidak berdosa apabila mengerjakan shalat di awal waktunya pada shalat yang disunnahkan untuk mengakhirkannya. Sebaliknya, tidak berdosa apabila mengakhirkan shalat yang disunnahkan untuk dikerjakan pada awal waktunya.

Pada inti dari hal tersebut, kita tidak boleh sampai lalai dalam melaksanakan shalat, harus ada niatan yang jelas dalam hal ini. Maksudnya jika kita ingin mengakhirkan shalat dan dengan niatan bangun untuk menyambung dengan shalat Sunnah di waktu sepertiga malam terakhir. Juga dalam hal ini, kita tidak boleh meninggalkan shalat wajib atau fardhu, karena yang demikian itu perkara yang wajib, apabila ditinggalkan mendapatkan dosa.

Ayyuha readers fillah, Allah TA’ala sangat mencintai hambanya, yang dimana ia sangat taat dan patuh atas ketentuanNya, dan Apapun yang kita minta dan selama itu merupakan kebutuhan, maka Allah Ta’ala akan memberikannya dengan mudah, tidak ada yang tidak mungkin, selama kita benar-benar tunduk dan patuh kepadaNya. Dan Sesungguhnya Allah maha mangetahui dengan baik.

Well, readers fillah, ketahuilah! Allah Ta’ala sangat mengetahui mengenai perkara yang tak Nampak, bahkan sesuatu yang ada dalam hatipun Allah Ta’ala lebih mengetahuinya dengan baik, hal ini telah dipelajari penulis di kitab Nasoihud diniyah. Jadi sangat disayangkan jika kita tidak ada rasa husnudzon dengan baik kepada Allah Rabbul Izzati.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar