Skip to main content

Waktu Yang Dilarang Sholat (Waktu Tahrim)

Waktu Yang Dilarang Sholat (Waktu Tahrim)

Waktu Yang Dilarang Sholat Well readers fillah, sebagaimana telah kita ketahui di dalam islam, ada waktu utama untuk shalat, dan ada juga waktu yang dilarang untuk shalat, hal ini merupakan dilarangnya waktu shalat Sunnah mutlak, jangan sampai kita juga terlena akan hal in, niatnya sih ingin taat hingga tak tau hukumnya apa, maka sama saja kita berdosa, karena tidak ada landasan didalamnya, oleh karena itu kita harus wajib mengetahuinya.

Berikut Ini Waktu-waktu yang Dilarang Untuk Melaksanakan Shalat Sunnah:

1. Sesudah Shalat Shubuh Menjelang Matahari Terbit
Di waktu ini kita sangatlah dilarang untuk melaksanakan shalat sunnah mutlak, akan tetapi bagi orang yang ingin menunaikan shalat shubuh karena kesiangan, itu diperbolehkan, dan bukan waktu yang dilarang, pahami baik-baik ya!

2. Ketika Matahari di Istiwa’ (Tetap Tengah Hari) Sampai Waktu Dzuhur
Istiwa’ itu adalah waktu matahari tepat berada di atas kepala, waktu tersebut belum masuk zhuhur, dan ketika matahari sudah bergeser sedikit maka sudah waktu shalat zhuhur dan diperbolehkan untuk shalat.

3. Sesudah Shalat Ashar Sampai Terbenam Matahari
Tidak boleh melaksanakan shalat ketika langit di ufuk barat mulai kekuningan, hal ini berlaku jia seseorang sudah menunaikan shalat ashar, dan tidak boleh melakukan shalat Sunnah, yang demikian itu haram.

Yang demikian itu, dinamakan waktu tahrim, atau waktu yang dilarang untuk melaksanakan shalat Sunnah. Sedangkan di waktu lain ada didalam sebuah hadis dibawah ini

Sebuah Hadis Yang Berasal Dari Abi Said Al-khudri R.A, Dia Berkata:
“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda tidak ada shalat setelah shalat shubuh hingga matahari terbit dan tidak ada shalat sesudah shalat ashar hingga matahari terbenam”. (HR.Bukhari dan Muslim)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar