Skip to main content

Tata Cara Sholat Taubat (Niat, Bacaan, Waktu dan Doa)

Tata Cara Sholat Taubat

Tata Cara Sholat Taubat (Niat, Bacaan, Waktu dan Doa)
 Ayyuha readers fillah, pembahasan kali ini adalah tentang shalat taubat, mengapa seseorang harus shalat taubat?, dikarenakan ia ingin memohon ampun kepada Allah Ta’ala atas apa yang telah ia perbuat dan keluar dari syari’at agama islam, oleh karena itu seseorang melakukan shalat taubat, supaya tidak ada rasa khawatir di dalam dirinya untuk melakukan ibadah yang lainnya.

Tata Cara Sholat Taubat (Niat, Bacaan, Waktu dan Doa)

Shalat taubat merupakan salah satu jenis shalat Sunnah yang dilakukan untuk memohon ampunan dan mengharapkannya kepada Allah SWT dengan harapan dosa-dosa kita terhapus dan berhenti melakukan maksiat yang telah dilarang oleh Allah SWT.

Dari Abu Bakar R.A, Ia Bercerita, Aku Pernah Mendengar Rasulullah Bersabda:
“Tidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia bersuci dan mengerjakan shalat kemudian memohon ampunan kepada Allah, melainkan Allah akan memberikan ampunan kepadanya.” Setelah itu beliau membacakan ayat berikut ini: “Dan juga orang-orang yang apabila melakukan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka diingatkan Allah, lalu memohon ampun atas dosa-dosa mereka. Siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka mendapat balasan berupa ampunan dari Allah dan surge yang didalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal didalamnya.” (HR. Abu Dawud, An-nasai, Ibnu majah dan At-tirmidzi)

Niat Sholat Taubat
أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى
Artinya "Usholli sunnatat taubah rok’ataini lillahhi Ta’ala"
Latin “Saya niat shalat Sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Tata Cara Sholat Taubat
1. Membaca niat sholat taubat
2. Takbiratul ihram
3. Membaca doa iftitah
4. Membaca surat al-fatihah
5. Membaca surat dari Al-qur’an
6. Ruku’
7. I’tidal
8. Sujud
9. Duduk diantara dua sujud
10. Sujud kedua
11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan diatas sampai 10
12. Tasyahud akhir
13. Salam

Shalat taubat terdapat 2 raka’at, dan alangkah lebih baiknya shalat ini dilakukan sendirian, artinya tidak berjama’ah. Dikarenakan shalat taubat ini merupakan shalat yang nafilah atau tidak diisyaratkan untuk dikerjakan berjama’ah.
 
Waktu Sholat Taubat
Waktunya bisa kapan saja, bisa pagi, siang ataupun malam hari. Akan tetapi sebagian ulama menyarankan untuk melaksanakannya di waktu sepertiga malam, dikarenakan pada waktu itu para malaikat ikut menyaksikan ketika seseorang memanjatkan atau memohon ampunan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar