Skip to main content

Catatan Kecil Peringatan Hari Pohon Sedunia

Catatan Kecil Peringatan Hari Pohon Sedunia

Catatan Kecil Peringatan Hari Pohon Sedunia Hari pohon sedunia yang selalu kita peringati setiap tanggal 21 November, seolah mengingatkan kita betapa pentingnya keberadaan pohon sebagai penopang keseimbangan alam. Manfaat pohon yang begitu luar biasa dalam kehidupan manusia, menjadikan keberadaan pohon harus tetap dilestarikan sampai kapanpun.

Naiknya temperatur bumi akibat pemanasan global beberapa tahun belakangan ini, merupakan salah satu dampak dari penebangan pohon yang semakin parah. Jika hal ini kita biarkan tanpa ada upaya untuk menyelamatkan lingkungan, maka kehancuran bumi akan semakin dekat.

Penghijauan atau penanaman pohon kembali, merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan. Namun demikian, penanaman pohon tidak harus menunggu peringatan hari pohon. Kapanpun dan dimanapun kita berada, pelestarian alam bisa kita lakukan dari diri sendiri. Penanaman pohon di sekitar tempat tinggal kita, akan tetap menjaga ketersediaan oksigen, di samping menambah kesejukan dan keindahan alam sekitar.

Upaya penyelamatan lingkungan menjadi gerakan bersama seluruh elemen bangsa. Tak terkecuali di dunia pendidikan, pondok pesantren  juga tidak luput dari aksi peduli lingkungan. Melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata, merupakan salah satu upaya Pemerintah melestarikan lingkungan terutama di sekitar lembaga pendidikan. Mengimplementasikan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) menjadi salah satu alternatif dalam pelestarian lingkungan.

Penghargaan Adiwiyata merupakan bentuk kepedulian Pemerintah kepada sekolah yang telah berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudya lingkungan hidup di sekolah, yang dilakukan secara kolektif, sadar, berjejaring dan berkelanjutan dalam menerapkan pola hidup ramah lingkungan. Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah mulai dari tingkat kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat.

Tidak hanya lembaga pendidikan yang memiliki concern terhadap lingkungan. Pondok pesantren juga menjadi salah satu lembaga yang diharapkan juga memiliki sumbangsih terhadap kelestarian lingkungan. Program Eco Pesantren merupakan upaya Lembaga pondok pesantren dalam melestarikan lingkungan hidup. Lingkungan pesantren yang bersih diharapkan dapat menghindarkan para satri dari penularan berbagai jenis penyakit maupun virus. Selain hal ini dapat menumbuhkan sikap tanggung jawab dalam merawat kondisi lingkungan.

Program maupun upaya pelestarian lingkungan sudah banyak disosialisasikan  pada masyarakat. Namun setiap datang musim penghujan, kita masih melihat banyak daerah di Indonesia yang masih sering mengalami bencana baik tanah longsor maupun banjir. Masih banyak tumpukan sampah yang kita temui di tepi jalan atau sekitar sungai. Jika kesadaran kita masih rendah terhadap upaya pelestarian lingkungan, maka kerusakan alam akan semakin parah dari waktu ke waktu. Perlu ditanamkan penyadaran lingkungan sejak dini agar kelak generasi yang akan datang memiliki kesadaran, budaya dan perilaku ramah lingkungan.

Penyadaran akan arti penting lingkungan dalam kehidupan, juga harus dipahami oleh semua elemen masyarakat. Tidak jarang kita mendengar oknum-oknum yang hanya demi kesenangan sesaat, mereka rela melakukan perusakan lingkungan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dalam berbagai aspek. Keteladanan dan komitmen para pemimpin dalam upaya pelestarian lingkungan, setidaknya bisa meminimalisir perusakan lingkungan yang lebih parah. Mari bersama-sama kita jaga dan lestarikan lingkungan. Karena bumi yang kita tempati bukan warisan dari nenek moyang melainkan pinjaman dari anak cucu kita. Selamat Hari Pohon se-dunia. Lingkungan sehat, generasi kuat.
Ambulu, 23/11/2021

Biodata Penulis

Titarini, S.Pd lahir di Jember pada tanggal 12 Mei 1974. Sejak 2005 hingga sekarang menjadi guru mapel  Bahasa Inggris di MTs Baitul Hikmah Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.
Penulis bisa di hubungi melalui email [email protected] atau di nomor WA 08124937322
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar