Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unsur Pencahayaan Dalam Fotografi dan Videografi

Unsur Pencahayaan Dalam Fotografi dan Videografi Tata cahaya merupakan seni pengaturan cahaya dengan mempergunakan perlengkapan pencahayaan supaya kamera sanggup memandang obyek dengan jelas, serta menghasilkan ilusi.

Cahaya bagi sumbernya dibedakan dalam Cahaya bersumber dari alam, semacam cahaya matahari( alami light/ daylight) serta Cahaya yang diciptakan ataupun bersumber dari lampu, api( artifisial light/ tungsten). Sumber cahaya itu sendiri memiliki ciri tipe cahaya serta keseriusan cahaya yang beragam.

Unsur Pencahayaan Dalam Fotografi dan Videografi

Unsur Pencahayaan Dalam Fotografi dan Videografi

Kualitas Cahaya

1. Hard Light: Diucap dengan cahaya keras yang dihasilkan dari sumber cahaya dengan keseriusan yang besar, cahaya lebih bertabiat spot. Menciptakan kekontrasan yang besar serta bayangan yang keras( hitam– terangnya).

2. Soft Light: Diucap pula cahaya yang lembut sebab dihasilkan dari sumber terendah serta halus umumnya cahaya yang dipancarkan merupakan flood serta dibarengi dengan filter ataupun elemen penghalus pemendaran cahaya. Kontras yang dihasilkan lebih tipis sehingga bayangan yang dihasilkan pula tidak keras.

3. Alami Light: Cahaya alami yang sumber cahaya dalam satu frame ataupun adengan ataupun scene bersumber dari cahaya yang bertabiat alami. Misalnya cahaya pagi hari dari sebelah timur( key). Hingga shot- shot dalm scene tersebut key lightnya dari arah yang sama.

Dasar Tata Cahaya

1. Key Light: Pencahayaan utama yang ditunjukan pada objek. Keylight ialah sumber pencahayaan sangat dominan. Umumnya keylight lebih cerah dibanding dengan fill light. Dalam desain 3 poin pencahyaan, keylight ditempatkan pada sudut 45 derajat di atas subjek.

2. Fill light: Pencahayaan pengisi, umumnya digunakan buat melenyapkan bayangan objek yang diakibatkan oleh key light. Fill light ditempatkan berseberangan dengan subyek yang memiliki jarak yang sama dengan keylight. Keseriusan pencahyaan fill light umumnya separuh dari key light.

3. Back Light: Pencahayaan dari arah balik objek, berperan buat meberikan ukuran supaya subjek tidak“ menyatu” dengan latar balik.