Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Thaharah Dalam Islam Beserta Hukum dan Macam-macamnya

Apa itu Thaharah Dalam Islam Beserta Hukum dan Macam-macamnya Sesuatu yang indah itu tercipta dari hal-hal yang bersih, dan kebersihan itu sebagian dari iman, bahkan Allah SWT sangat mencintai kebersihan, tak hanya itu sesuatu yang bersih pasti suci, dan hal- hal untuk menjaga kesucian itu beraneka ragam. Okey, yuk! Jangan hanya fokuskan sesuatu kepada yang bersih-bersih saja, namun perihal kesucian harus kita jaga, apalagi saat kita akan beribadah kepada Allah SWT.

Apa itu Thaharah Dalam Islam Beserta Hukum dan Macam-macamnya

Apa itu Thaharah Dalam Islam Beserta Hukum dan Macam-macamnya

Bersuci dalam agama islam, tepatnya dalam ilmu fiqih disebut dengan THAHARAH. Menurut bahasa, Thaharah berarti bersuci. Sedangkan secara istilah Thaharah adalah cara bagaimana menyucikan diri (badan, pakaian, dll.) agar sah dalam menjalankan ibadah.

Adapun Thaharah Dalam Ilmu Fiqih Ialah

1. Menghilangkan najis
2. Berwudhu’
3. Mandi
4. Tayamum

Dan alat terpenting untuk bersuci ialah Air. Semua umat muslim diwajibkan untuk mensucikan badan dan pakaian serta tempat shalatnya dari najis yang bersifat lahir, agar sejalan dengan pensucian hati. Bahkan memperbarui wudhu saat hendak shalat hukumnya sunnah.

Hukum Thaharah Dalam Islam

Hukum Thaharah, bersih dari najis dan menghilangkannya merupakan suatu kewajiban bagi yang tahu akan hukum dan mampu melaksanakannya, dalam hal ini Allah SWT berfirman “Dan pakaianmu bersihkanlah”(Qs. Al Muddatsir {74}:4)

Adapun bersih dari hadast, maka merupakan suatu kewajiban yang sekaligus sebagai syarat sah shalat. Dari Abu Hurairah r.a diriwayatkan, bahwa Nabi SAW, pernah bersabda :

لَا يُقْبَلَ صَلاَةَ أَحَدِكُمْ حَتَّى يَتَوَضَّأَ (رواه البخارى)

“Allah tidak akan menerima shalat seseorang diantara kalian apabila berhadats, sehingga ia berwudhu.”(HR. Al-Bukhari)

Macam-macam Thaharah

Macam-macam Thaharah, para ulama membagi thaharah secara syar’I menjadi dua bagian: 

1. Thaharah Hakikiyah, yaitu bersuci dari kotoran, maksudnya adalah bersuci dari najis, hal ini biasanya terdapat pada badan, pakaian, dan tempat-tempat selain keduanya.

2. Thaharah Hukmiyah, yaitu bersuci dari hadast, hal ini khusus yang terdapat pada badan. Thaharah pada bagian ini terbagi menjadi tiga poin, diantaranya:

a. Thaharah Kubra yaitu hadast yang bisa suci dengan mandi
b. Thaharah Sugra yaitu hadast yang bisa suci dengan wudhu
c. Pengganti dari keduanya yaitu cara bertayamum