Skip to main content

Tata Cara Shalat Lengkap (Rukun dan Sunnah)

Tata Cara Shalat Lengkap (Rukun dan Sunnah)

Tata Cara Shalat Lengkap (Rukun dan Sunnah) Tabarokallah readers fillah, setelah selesai mengerjakan syarat-syarat shalat dan telah datang waktunya, maka bolehlah kita mulai sholat. Sebelum dimulai lebih dahulu diserukan adzan dan iqamah. Cara mengerjakan Shalat yang lengkap dengan rukun-rukun dan sunnah-sunnahnya Adalah sebagai berikut

Tata Cara Shalat Lengkap (Rukun dan Sunnah)

Raka'at Pertama

1. Berdiri tegak, menghadap kiblat, kaki direnggangkan dalam berniat sebagaimana mestinya, serta mengucapkan takbiratul ihram sambil mengangkat tangan sampai ke telinga, kemudian meletakkan kedua tangan di dada tangan kiri di bawah tangan kanan diatas

Kemudian membaca doa Iftitah. Membaca Ta'awudz dilanjut dengan Membaca Surat Al-Fatihah. lalu mengucapkan Amiin setelah membaca surat Al-Fatihah dan Membaca ayat al-qur'an.

Jika kalian masih belum hafal bacaan dalam Shalat silahkan baca Bacaan Shalat Lima Waktu Lengkap (Arab, Latin dan Terjemah)

2. Setelah itu lalu ruku' dengan mengucap takbir dan mengangkat tangan lalu membaca tasbih ruku'.

3. Bangkit dari ruku' dengan membaca "Sami'allahu liman hamidah" dan mengangkat tangan kemudian membaca bacaan i'tidal.

4. Sujud dengan membaca takbir, dan setelah sujud membaca tasbih sujud.

5. Duduk antara dua sujud atau bangkit dari sujud yang pertama, dengan mengucap takbir, dan setelah duduk membaca doa duduk. Terus sujud sekali lagi dengan mengucap takbir dan kemudian membaca tasbih sujud.

6. Bangkit berdiri dengan mengucap takbir. Sampai disini selesailah satu raka'at namanya, ialah raka'at pertama.

Raka'at Kedua

1. Setelah berdiri tegak tangan kanan diletakkan di atas tangan kiri, dan dirapatkan di dada, maka teruslah membaca al-fatihah, amin dan ayat al-qur'an. Kemudian ruku' dan bangkit dari ruku' seperti dalam raka'at yang pertama. Hanya apabila shalat itu shalat shubuh, sesudah bangkit dari ruku' (i'tidal) maka dibaca qunut.

2. Kemudia sujud, duduk antara dua sujud, dan sujud lagi seperti raka'at yang pertama.

3. Kemudian bangkit dari sujud yang kedua, duduk dengan meletakkan tangan diatas paha, jari-jari tangan kanan digenggamkan kecuali telunjuk yang ketika bacaan tasyahud sampai pada kata "ilallah", diacungkan lurus kemudian bacalah tasyahud dan shalawat.

Apabila shalat itu shalat shubuh atau shalat yang hanya dua raka'at, maka dibacalah bacaan tahiyat akhir (Shalawat kepada keluarga nabi dan seterusnya), dengan doa tahiyat akhir dan kemudian mengucap salam. Dengan demikian selesailah shalat shubuh atau shalat dua raka'at.

Raka'at Ketiga

1. Apabila Shalat itu lebih dari dua raka'at, maka setelah membaca tasyahud awal hingga shalawat pada raka'at yang kedua, hendaklah berdiri kembali sambil mengucap takbir dan mengangkat tangan, kemudian meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri dan rapatkan ke dada, membaca fatihah dan amin seperti dalam raka'at kedua, tetapi tidak membaca ayat al-qur'an lagi sesudah fatihah.

2. Seterusnya ruku', i'tidal, sujud, duduk dan sujud lagi seperti dalam raka'at pertama dan kedua. Apabila shalat itu shalat maghrib maka setelah bangkit dari sujud yang kedua, duduklah membaca tahiyyat akhir serta do'anya, kemudian salam.

3. Jika kalian melakukan Shalat Maghrip maka sampai disini selesailah shalat maghrib yang tiga raka'at

Raka'at Keempat

Apabila kalian mengerjakan Shalat dengan Empat Rakaat seperti Shalat Dzuhur, Ashar dan Isya, maka setelah bangkit dari sujud dalam raka'at yang ketiga kembalilah berdiri tegak, mengucap takbir dengan meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri, kemudian membaca fatihah dan seterusnya sampai sujud yang kedua seperti dalam raka'at yang ketiga. Setelah bangkit dari sujud yang kedua duduklah, dengan membaca tahiyyat akhir, shalawat dan doa, kemudian mengucapkan salam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar