Skip to main content

Mengenal Sunnah Shalat (Wajib Kita Ketahui)

Mengenal Sunnah Shalat (Wajib Kita Ketahui)

Mengenal Sunnah Shalat (Wajib Kita Ketahui) Okay everybody, pembahasan kita kali ini adalah perkara sunnah di dalam shalat, apabila dikerjakan maka mendapatkan pahala, apabila ditinggalkan tidak apa-apa, namun menurut penulis, sangat disayangkan, jika perkara ini tidak dilakukan, Sunnah Shalat dibagi menjadi 4 untuk lebih lengkapnya mari kita ikuti pembahasan dibawah ini.

Mengenal Sunnah Shalat (Wajib Kita Ketahui)

1. Sunnah Sebelum Sholat

Adzan dan Iqamah. Apabila telah datang waktu shalat, maka sunnahlah seseorang hendak mengerjakan shalat itu menyerukan adzan sebagai tanda waktu dan panggilan kepada teman-teman yang hendak mengerjakan shalat.

2. Sunnah Ab'adl

Yaitu perkara yang sunnah, tetapi apabila ketinggalan (kelupaan) harus diganti dengan sujud pada penghabisan shalat, yang dinamakan sujud sahwi yaitu sujud karena lupa. Diantaranya sunnah Ab'adl:

1. Tasyahud atau Tahiyat awal.
2. Duduk dalam Tasyahud atau tahiyyat awal.
3. Membaca Shalawat dalam tasyahud awal
4. Membaca shalawat diwaktu duduk penghabisan.
5. Membaca doa qunut, pada saat shalat shubuh sesudah 'itidal yang kedua pada shalat witir dalam setengah yang akhir bulan puasa.

3. Sunnah Hai'at

Yaitu segala sunnah yang dikerjakan di dalam shalat selain sunnah ab'adl. Dianataranya:

1. Mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ihram, akan ruku' bangun dari ruku' (i'tidal), dan ketika berdiri dari tahiyyat awal. Mengangkat kedua tangan itu sehingga kedua telapak tangan sampai diatas bahu, dan kedua ibu jari sampai ke telinga.
2. Meletakkan tangan kanan ke atas tangan kiri dengan menggenggamnya dan diletakkan dibawah dada.
3. Membaca doa iftitah sesudah takbiratul ihram.
4. Membaca ta'awudz.
5. Membaca aamiin sesudah membaca al-fatihah
6. Membaca sami'allahu liman hamidah ketika 'itidal.
7. Membaca tasbih ruku' tiga kali dan membaca tasbih sujud tiga kali.
8. Ketika duduk antara dua sujud.
9. Meletakkan tangan ke atas paha ketika duduk tahiyyat, dengan menghamparkan yang kiri, dan menggenggamkan yang kanan diatas yang kanan kecuali telunjuk, guna berisyarat ketika membaca illallah, yaitu dengan diluruskan ke muka, dalam membaca: أشهد أن لا اله الا الله
10. Duduk Iftirasy, artinya duduk dengan cara menduduki kaki kiri, sedang telapak kaki kanan berdiri dan jarinya terletak di tanah menghadap kiblat seberapa dapat.
11. Duduk Tawarruk dalam Tahiyyat akhir. Duduk tawarruk artinya: duduk dengan cara mengulurkan kaki kiri dibawah kaki kanan, sedang telapak kaki kanan berdiri dan ujung jarinya menghadap kiblat seberapa dapat.
12. Membaca Shalawat yang lebih sempurna.
13. Membaca doa sesudah shakawat dalam tahiyyat akhir.
14. Membaca salam yang kedua.
15. Khusyu' didalam shalat. Artinya, hati senantiasa ingat dan merasa akan arti yang dibacanya didalam shalat, dan bahwa ia menghadap Tuhan Allah SWT.

4. Sunnah Sesudah Shalat (Wiridan)

Sunnah sesudah Shalat kita disunnahkan setelah salam Shalat selesai untuk membaca istigfar 3 kali lalu membaca tahlil. Kita dianjurkan ketika selesai Shalat jangan langsung pergi melainkan wiridan atau membaca Al-Qur,an atau hal lain yang mengandung ibadah, maka dari itu para ulama menyusun bacaan-bacaan sesudah Shalat atau apa yang harus dilakukan sesudah Shalat sebagai berikut:

1. Membaca Tasbih 33 Kali
2. Membaca Tahmid 33 Kali
3. Membaca Takbir 33 Kali
4. Membaca Istigfar
5. Membaca Tahlil 
6. Membaca Shalawat
7. Berdoa
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar