Skip to main content

Perbedaan Shalat Perempuan dengan Laki Laki

Perbedaan Shalat Perempuan dengan Laki Laki

Perbedaan Shalat Perempuan dengan Laki Laki Well readers fillah, ternyata ada beberapa hal perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam melakukan shalat, tak dapat dipungkiri, karena memang sejatinya antara laki-laki dan perempuan itu memiliki ketentuan-ketentuan tersendiri dalam menunaikan ibadah Shalat. yuk kita simak dengan seksama pemaparan kali ini.

Perbedaan Shalat Perempuan dengan Laki Laki

Merapatkan Tubuh Ketika Ruku, Sujud dan Duduk
Dalam shalat, antara laki-laki dan wanita tidak terdapat perbedaan yang signifikan, kecuali bahwa wanita itu diperintahkan untuk merapatkan tubuhnya pada saat ruku' dan sujud serta pada saat duduk bersilang kaki atau meletakkan kedua kakinya disamping kanan. Tidak disunnahkan bagi wanita muslimah untuk merenggangkan tubuhnya dalam shalat seperti yang dicontohkan dalam shalatnya Rasulullah. Karena wanita itu adalah aurat, sehingga disunnahkan baginya merapatkan tubuh agar lebih tertutupi. sebab jika merenggakan tubuhnya, maka akan terlihat sebagian dari anggota tubuhnya yang seharusnya ditutupi.

Duduk dengan Bersilang Kakinya
Demikian halnya ketika duduk. Ali bin Abi Thalib RA. berkata "Apabila wanita muslima mengerjakan shalat, maka hendaklah duduk diatas lutut dan merapatkan pahanya" Dari Ibnu Umar disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah memerintahkan wanita muslimah untuk duduk bersilang kakinya dalam shalat.

Benar-benar Menutup Auratnya
Bahkan Imam Syafi'i berpendapat bahwasannya wanita ketika hendak shalat harus benar-benar menutupi auratnya, hanya wajah dan telapak tangan saja yang boleh terlihat, dan bahkan disunnahkan saat hendak shalat mengenakan mukenah atau roko(kerudung panjang hingga menutupi telapak kaki)

Menggunakan Isyarat Ketika Imam Lupa Rukun Shalat
Juga saat shalat jika imam mengalami kelupaan dalam rukunnya, maka ma'mum wajib mengingatkan, nah hal ini terdapat perbedaan cara mengingatkan imam. Pada muslimah hendaknya dengan isyarat menepuk telapak tangan kiri ke telapak tangan kanannya, sedangkan muslim atau kaum laki-laki cara mengingatkannya dengan mengucapkan kalimat tasbih "Subhanallah"
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar