Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Manajemen Publisitas Dalam Sebuah Production House PH

Apa itu Manajemen Publisitas Dalam Sebuah Production House PH Rumah produksi (Inggris: production house, PH) adalah istilah umum dalam industri kreatif yang merujuk kepada perusahaan yang menyokong produksi karya-karya audio, visual, audiovisual, dan acara televisi atau radio sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di suatu negara.

Definisi lain menurut Laksono, rumah produksi merupakan sebuah badan usaha yang mempunyai organisasi dan keahlian dalam memproduksi program-program audio dan audiovisual untuk disajikan kepada khalayak, baik secara langsung maupun melalui broadcasting house. PH juga mengelola informasi gerak atau statis di mana informasi yang didapat bersumber dari manusia ataupun peristiwa yg ada.

Salah satu hal yang berpengaruh penting dalam perkembangan film adalah dengan adanya peran rumah produksi atau production house (PH). Production house merupakan suatu usaha jasa yang didalamnya mempunyai organisasi dan keahlian dalam memproduksi audiovisual untuk disajikan kepada publik. 

Apa itu Manajemen Publisitas Dalam Sebuah Production House PH

Apa itu Manajemen Publisitas Dalam Sebuah Production House PH

Kegiatan Production House

Kegiatan utama production house adalah memproduksi suatu audio atau audiovisual, baik itu dalam bentuk film, untuk acara televisi, profil perusahaan, iklan bahkan video clip. Dalam memproduksi semua hal tersebut tentunya diperlukan suatu proses manajemen untuk mempermudah pelaksanaan tugas-tugasnya mulai dari perencanaan hingga tahap akhir dipublikasikan pada masyarakat luas. Keberadaan production house ini tidak hanya tersebar di kota besar saja, tapi juga di kota-kota kecil seluruh Indonesia. 

PH memerlukan publisitas dalam mengenalkan film yang diproduksi. Publisitas sendiri merupakan suatu kegiatan publikasi yang menggunakan media massa dalam penyebarluasan suatu informasi atau pesan. Langkah atau perencanaan ini bisa disebut sebagai manajemen yaitu dalam mempromosikan atau mengenalkan setiap karyanya tersebut diperlukan suatu pengaturan semua kegiatan dalam publisitas film mulai dari merencanakan, melaksanakan dan mengontrol apa yang sudah direncanakan dan dilakukan, apakah sudah sesuai dengan tujuan dari organisasi tersebut. Baik itu manajemen publisitas media massa dalam bentuk media cetak, media elektronik dan online. 

Manajemen Publisitas

Dalam menjalankan manajemen publisitas peran media sangat lah besar agar dapat menarik  antusias masyarakat dalam menikmati setiap karya yang telah diproduksi PH. Oleh karena itu peran manajemen publisitas sangat penting dilakukan agar tujuan dari organisasi tersebut bisa tercapai. Mengingat saat ini kebutuhan hiburan dalam bentuk tontonan film juga semakin meningkat, karenanya sebuah PH harus bisa menjalankan dan menerapkan suatu manajemen dalam menjalankan usahanya. Hal ini sebagai salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan citra dan reputasi organisasi PH di mata publik. 

Selain itu jika publisitas sebuah produksi film semakin gencar diberitakan melalui berbagai macam jenis media massa maka masyarakat akan lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi akan hal tersebut. Bagian yang berperan penting dalam suatu manajemen publisitas film ini adalah pada bagian divisi publikasi. Dalam organisasi atau suatu productions house seharusnya telah dibentuk bagian-bagian yang sesuai dengan tugas dan fungsinya, salah satunya adalah bagian distribusi dan publikasi. 

Divisi ini merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam suatu organisasi PH demi merencanakan langkah-langkah publisitas produksi film yang telah dibuat kepada khalayak luas. Karena melalui divisi publikasi inilah masyarakat akan mengetahui setiap perkembangan yang terjadi dalam suatu aktivitas PH. Maka dapat disimpulkan bahwa suatu manajemen publisitas penting dilakukan dan dilaksanakan dalam suatu organisasi seperti productions house. 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Publisitas

Ada sesuatu yang harus diperhatikan dalam menjalankan langkah-langkah manajemen publisitas melalui media massa. Yaitu menyampaikan sesuatu bersifat faktual dan aktual atau informasi ysng sesuai dengan fakta sehingga akan mudah dipercaya. Sedangkan aktual adalah kejadian baru yang sedang hangat-hangatnya atau bersifat kekinian dan dibutuhkan masyarakat. Dengan adanya manajemen publisitas dalam production house, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan akan hiburan khususnya tontonan film bagi masyarakat.

Selain itu dengan publisitas yang dilakukan oleh PH membuktian adanya kreatifitas anak dalam negeri bisa membuat film-film yang layak untuk ditonton dan tidak kalah kualitasnya dengan film luar negeri. Namun manajemen publisitas ini tidak bisa dijadikan tolak ukur dalam kesuksesan publisitas film, jika tidak direncanakan dan diimplementasikan secara baik. Bisa jadi kegiatan publisitas film ini justru akan membawa dampak buruk dan mempengaruhi citra usaha tersebut bila salah menyampaikannya.