Skip to main content

Proses Terjadinya Komunikasi Lintas Budaya

Proses Terjadinya Komunikasi Lintas Budaya

Proses Terjadinya Komunikasi Lintas Budaya
 Pertumbuhan teknologi data sudah menampilkan kemajauan sangat cepat. Kemajuan itu sudah menimbulkan manusia lebih gampang buat berhubungan satu sama lain. Data serta kejadian yang terjalin bermacam belahan dunia dengan cepat bisa dikenal oleh manusia di daratan lain.

Proses Terjadinya Komunikasi Lintas Budaya

Kemajuan Teknologi

Sejalan dengan pertumbuhan teknologi komunikasi( data) serta pertumbuhan warga yang terus menjadi lingkungan serta global, paling utama kian sulitnya dipisahkan antara kehidupan modern dengan telekomunikasi serta media massar, hingga guna komunikasi tidak lagi semata- mata buat penuhi kebutuhan data serta hiburan sebagaimana yang sudah dikemukakan di atas, namun kian terasa diperlukan dalam bermacam aspek kehidupan warga.

Warga dunia berusia ini bisa menikmati kegiatan tv dengan bermacam siaran. Siaran tv tersebut bukan cuma terpancar dari jaringan yang bertabiat nasional, namun pula bisa mengikuti jaringan internasional berkat terdapatnya satelit yang dihubungkan dengan terdapatnya parabola di rumah- rumah penduduk. Bermacam berbagai kegiatan tersebut, tidak selamanya bawa khasiat untuk pemirsanya. Terdapat acara- acara tertentu yang sudah mengundang akibat negatif. Lukman Harun memperhitungkan kegiatan tv di negeri kita, tidak hanya bisa dimanfaatkan buat pembelajaran, meningkatkan kebudayaan serta kesenian, olah raga, pembelajaran agama ataupun dakwah, pula sekalian merisaukan, sebab mayoritas film- film yang disiarkan berasal dari luar negara berbentuk film kanak- kanak, seks, kekerasan, khayalan. serta lain- lain sebagainya.

Dengan kata lain secara tidak langsung seluruh arus data yang tersebar dari belahan dunia pula hendak pengaruhi budaya di negeri lain. Di Indonesia tidak bisa kita pungkiri kalau budaya korea mulai dari metode berpakain telah masuk serta banyak warga kita yang menjajaki trendnya.

Populasi Dunia

Komunikasi lintas budaya terjalin sebab berubahnya populasi dunia diamana dalam sesuatu negeri ada penduduk dari negeri lain, dimana perihal tersebut hendak mempertemukan 2 budaya ataupun lebih sehingga terjalin komunikasi linstas budaya. Di Indonesia pula banyak masyarakat dari negeri lain semacam masyarakat Cina, dimana kita tahu kalau penduduk Cina di indonesia yang bergerak dibidang bisnis, misalnya perdagangan, dimana 2 orang berjumpa dengan latar balik budaya yang berbeda, dengan demikian komunikasi lintas budaya jadi lebih kilat terjalin sebab berubahnya populasi dunia.

Mobilitas/ pergantian dari kondisi warga pula jadi pemicu terbentuknya komunikasi lintas budaya. Perihal ini diakibatkan sebab perpindahan ataupun pergantian domisili dari tiap orang ataupun anggota warga yang tumbuh sedemikian pesat terjalin dalam sebagian dekade belum lama.

Konflik Antar Negeri/ Penduduk

Konstruksi budaya yang diperoleh seorang semenjak kecil sangat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dalam berhubungan serta berbicara dengan orang yang berbeda budaya. Terbentuknya benturan budaya( shock culture) merupakan sebab kita yang cenderung menyangka budaya kita merupakan benar serta memandang sikap orang yang berbeda budaya dengan kita dengan pemikiran subyektif

Misalnya dalam pluralitas kelompok agama pula, dapat merangsang terbentuknya konflik serta disintegrasi bangsa, ketika melihat masing- masing kelompok agama memiliki klaim kebenaran absolut dan muatan emosi keagamaan yang menjadi dasar interaksi primer.

Dikala terbentuknya konflik baik antar negeri ataupun penduduk, baik permasalahan agama ataupun ras dsb. disitulah terbentuknya komunikasi lintas budaya, dimana komunikasi terjalin sebab terdapatnya konflik antar penduduk dengan latar balik budaya yang berbeda

Ekonomi Global

Globalisasi sudah jadi konsep fenomenal dalam diskursus pemikiran berusia ini. Sebutan ini sanggup menyelinap ke dalam bermacam aspek kehidupan tercantum bidang ekonomi serta bisnis. Kekuatan ekonomi dunia menyerang, melintasi batasan negeri, menciptakan demokrasi yang lebih besar, kebebasan yang lebih besar, perdagangan yang lebih besar, kesempatan, serta tantangan yang lebih besar.

Oleh karenanya, dalam masa globalisai interaksi antarnegara hendak terus menjadi dipengaruhi oleh aspek ekonomi dibanding politik. Malah, secara lebih tajam, Masaki( 1989) mengatakan kalau dalam globalisasi ekonomi negeri diseret dalam perang dagang. Dimana dalam proses interaksi dalam perdagangan global tidak dapat lepas dari komunikasi, sehingga tidak menutup mungkin komunikasi lintas budaya pula terjalin didalamn obrolan bisnis ekonomi global. Seperti itu kenapa ekonomi global jadi pemicu terbentuknya komunikasi lintas budaya dimana dalam ekonomi global didalamnya muat penduduk dunia dari latar balik budaya yang berbeda- beda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar