Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profesi Yang Berperan Penting di Balik Layar FIlm

Profesi Yang Berperan Penting di Balik Layar FIlm Hallo guys berikut ini adalah beberapa profesi yang sangat berperan penting dalam proses pembuatan film, sebenarnya ada banyak profesi dan devisi didalam pembuatan film, kali ini saya akan membagikan secara garis besarnya saja, kuylah disimak!

Profesi Yang Berperan Penting di Balik Layar FIlm

Profesi Yang Berperan Penting di Balik Layar FIlm

1. Sutradara

Seorang yang memastikan visi kreatif suatu film. Sutradara mempunyai kontrol terhadap pilihan- pilihan kreatif, mulai dari keaktoran, tata visual, suara, hingga musik.

Sutradara film tidak cuma dituntut mempunyai uraian yang mumpuni terhadap aspek- aspek teknis, namun pula kepribadian yang kokoh selaku seseorang pemimpin.

Sutradara pula wajib mempunyai jalinan personal yang kokoh pada suatu cerita sebab cuma dengan begitu dia sanggup menggambarkan suatu cerita dalam tingkat emosi yang mendalam.

2. Produser

Seorang yang menginisiasi suatu proyek film serta ikut serta secara aktif dalam segala proses penciptaan film. Diawali dari pengembangan, pencarian dana, praproduksi, penciptaan, pascaproduksi, sampai film tersebut didistribusikan serta berjumpa dengan penontonnya.

Ilham suatu film dapat tiba dari siapa saja, baik itu produser, penulis, ataupun sutradara. Tetapi seseorang produser yang hendak memastikan apakah ilham tersebut ingin dibesarkan lebih lanjut jadi suatu film ataupun tidak. Pastinya dengan seluruh pertimbangan yang terdapat, mulai dari ketertarikan dengan cerita, ketertarikan dengan isu yang dinaikan, maupun memandang kemampuan bisnis dari ilham tersebut bila dijadikan film nantinya.

3. D. O. P

D. O. P ataupun Director of Photography merupakan orang yang betanggung jawab dalam memvisualkan serta menghasilkan foto dari suatu skenario. Seseorang D. O. P bertanggung jawab penuh atas mutu fotografi serta pemikiran sinematik. Kerja D. O. P sangat dekat dengan sutradara buat memusatkan metode pencahayaan serta jangkauan kamera buat tiap pengambilan foto.

4. Grip

Grip bertanggung jawab pada dolly track serta seluruh gerakan yang dikerjakannya. Grip bertanggung jawab buat memindahkan tripod buat setup berikutnya. Grip pula bertanggung jawab terhadap gedung, ataupun mengendalikan gedung, mengawasi gedung, tiap konstruksi yang dibutuhkan buat menunjang jalan ataupun pergerakan kereta biar dapat berjalan.

5. Art Director

Koordinator lapangan yang melakukan eksekusi atas seluruh rancangan desain tata artistik/ foto. Segala proses penyediaan material artistik semenjak persiapan sampai berlangsungnya perekaman foto serta suara dikala penciptaan jadi tanggunghawab seseorang art director.

6. Editor

Bertanggung jawab terhadap totalitas guna penyuntingan( editing) pada sesuatu naskah saat sebelum disiarkan. tugasnya mencari, membetulkan serta menerbitkan naskah tulisan ataupun foto pendukung.