Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Public Relation atau Humas Bagi Mahasiswa

Pentinnya Public Relation atau Humas Bagi Mahasiswa Ketka kita mempelajari matkul Puclic Relation bagi mahasiswa Fakultas Dakwah dapat dengan mudah bersosialisasi, dimana sosialisasi juga merupakan bagian penting dari pada komunikasi dalam berdakwah sehingga mampu memahami karakter, kondisi dan fenomena yang terjadi di masyarakat dengan harapan materi dakwah mampu diterima oleh masyarakat .Karena pekerjaan PR lebih banyak menghabiskan waktu untuk bertemu dengan orang lain daripada bekerja dibelakang komputer. Hal inilah yang membuat mahasiswa dapat dengan mudahnya bersosialisasi dengan orang lain. Di matkul PR ini mahasiswa juga dapat memahami teori-teori seputar PR dengan nalar yang kritis, juga mampu memahami etika-etika didalam menjadi seorang profesionalisme PR.

Mahasiswa Fakultas Dakwah mampu mengikuti perkembangan jaman. Dari masalah penampilan, issue, berita, dan segala sesuatu yang terbaru. Hal ini bertujuan agar mahasiswa selalu "nyambung" jika berkomunikasi dengan orang lain. Public relations dapat membangun hubungan baik di masyarakat, apalagi di jaman yang serba digital ini. Sehingga tidak ketinggalan berita-berita baru dan teraktual.

Pentingnya Public Relation atau Humas Bagi Mahasiswa
Pentingnya Public Relation atau Humas Bagi Mahasiswa

Public Relation Dalam Perguruan Tinggi

Public Relation dalam perguruan tinggi dituntut untuk mampu membangun image positif terhadap lembaga dalam memasuki era ke depan (globalisasi, era otonomi pendidikan), menumbuhkan komunikasi yang sinergis antara lembaga pendidikan dengan masyarakat dan membangun institusi responsif terhadap dinamika masyarakat. Dengan demikian fungsi humas perguruan tinggi dituntut selalu profesional dalam mengelola informasi sehingga terwujudnya citra positif lembaga. Tuntutan ini mensyaratkan perlunya manajemen terhadap pengelolaan komunikasi (humas) di perguruan tinggi. Dapat disimpulkan fungsi PR dalam perguruan tinggi ialah untuk menciptakan suatu pengertian, sikap, citra positif, dan tanggapan yang lebih baik dari masyarakat secara komprehensif.

Contoh Pengaruh Public Relation

Contoh : Pengaruh Praktisi Public Relation Terhadap Penyebaran Bahaya Radikalisme 
Radikalisme merupakan paham yang menginginkan adanya perubahan/pergantian terhadap suatu paham di masyarakat sampai ke akar-akarnya, bahkan memaksa dengan melakukan cara-cara kekerasan. Tidak hanya itu kelompok radikal ini juga menghendaki perubahan sepenuhnya terhadap semua aspek di kehidupan masyarakat dan juga kondisi dimasyarakat. Terdapat beberapa indikator yang terbilang sikap radikalisme yaitu yang pertama intoleran, kedua fanatik, ketiga selalu menganggap dirinya benar dan yang lain salah, keempat membedakan diri dari kelompok umat islam pada umumnya dan kelima dalam mencapai suatu tujuan kelompok ini menggunakan cara-cara kekerasan.
Seiring berkembangnya radikalisme di Indonesia, banyak sekali upaya yang dilakukan baik pemerintah, tokoh agama dan apparat keamanan untuk mencegah berkembangnya radikalisme ini agar masyarakat tidak terpapar paham radikalisme yang terjadi di tengah-tengan masyarakat.