Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Najis dan Macam-macamnya Beserta Cara Membersihkannya

Apa itu Najis dan Macam-macamnya Beserta Cara Membersihkannya Well readers fillah, today penulis ingin bagi tahu mengenai kotoran atau disebut dengan najis, disini penulis ingin memperjelas apa saja yang disebut najis dan juga pembagiaannya, supaya kita sebagai hamba yang baik tidak asal-asalan dalam hal ibadah, dan ada rasa was-was untuk menjaga kesucian kita, apalagi di waktu beribadah kepada Allah. Namun was-was yang sewajarnya, karena was-was yang keterlaluan juga tidak baik.

Apa itu Najis dan Macam-macamnya Beserta Cara Membersihkannya

Apa itu Najis dan macam-macamnya beserta cara membersihkannya

Najis adalah bentuk kotoran yang setiap muslim diwajibkan untuk membersihkan diri darinya atau mencuci bagian yang terkena olehnya. Yang dimaksud najis atau kotoran disini ialah seumpama air kencing, darah, nanah, bangkai, bekas dijilat anjing, dan lain sebagainya. Semua najis itu harus dibersihkan dari badan kita, pakaian kita dan tempat kita. Atau lebih memudah untuk memahaminya, najis bisa diartikan sebagai kotoran yang dihukumi oleh syariat.

Pembagiannya dan Cara Membersihkannya

1. Najis Ringan atau disebut dengan najis Mukhaffafah, ialah air kencing bayi (Anak kecil) laki-laki yang umurnya kurang dari dua tahun, dan belum makan selain air susu.

Cara membersihkannya: cukup dengan memercikkan air kebagian yang terkena sampai bersih.

2. Najis Berat atau yang disebut dengan Mugholladah, ialah najis dari bekas dijilat anjing atau babi.

Cara membersihkannya: lebih dulu dihilangkan wujud benda najis itu, kemudian dicuci dengan air bersih tujuh kali, salah satunya dengan campuran tanah.

3. Najis Biasa (sedang) atau disebut dengan najis Mutawassithah, yaitu kotoran manusia atau binatang, air kencing, bangkai, (selain bangkai ikan air, belalang dan mayat manusia), darah nanah dan sebagainya selain yang tersebut dalam najis ringan dan najis berat.

Cara membersihkannya: cukup sekali dengan air sehingga hilang sifatnya. Tetapi apabila tidak mungkin hilang semua sifatnya (bau rasa dan rupanya) maka dimaafkan (tidak jadi apa) adanya bekas najis itu. Dan adapun cara membersihkan kulit binatang dengan disamak.

Menurut Wujudnya Najis itu dibagi Menjadi Dua

1. ‘Ainy, artinya berwujud benda.
2. Hukmi, artinya hanya hukumnya saja, sedang wujud bendanya tidak ada.

Macam-macam Najis yang Dimaafkan atau disebut Najis Ma’fu

1. Bangkai binatang yang darahnya tidak mengalir umopamanya: nyamuk, kutu dan sebagainya.
2. Najis yang amat sedikit sekali.
3. Nanah atau darah dari kudis (bisulnya) sendiri yang belum sembuh.
4. Debu yang campur najis.
5. Dan lain-lain yang sangat sukar menghindarinya.