Skip to main content

Apa itu Makmum Masbuk dan Tata Caranya

Apa itu Makmum Masbuk dan Tata Caranya

Apa itu Makmum Masbuk dan Tata Caranya Salamun 'alaik readers fillah, yuk kita belajar arti dari makmum masbuk, dan bagaimana pengerjaannya. dibaca dengan seksama ya!

Apa itu Makmum Masbuk Tata Caranya

Arti Makmum Masbuk
Apabila ada seorang yang datang shalat berjama’ah sesudah imam mengerjakan sebagian dari shalat itu, maka orang yang hendak shalat ma’mum itu dinamakan masbuk. Artinya orang yang telah didahului, atau bisa dikatakan seperti ini, makmum masbuk adalah orang yang tertinggal shalat jama'ahnya dari imam, dan imam sudah dapat satu raka'at atau beberapa raka'at yang lain. 

Tata Cara Untuk Melakukan Makmum Masbuk
1. Bagi orang yang masbuk itu, hendaklah mulai shalat dengan takbiratul ihram, beserta niat ma’mum, kemudian terus mengikuti perbuatan imamnya. Meskipun imamnya sedang ruku’ atau sujud atau lainnya. harus sesuai dengan gerakan imam,
2. Apabila ma’mum masbuk itu dapat bersama ruku’ dengan imamnya, maka dihitung dia mendapat raka’at itu. Apabila dia mengikuti imam sesudah ruku’ maka tidaklah ia dihitung mendapat raka’at itu.
sampai disini paham ya,
3. Ma’mum masbuk itu harus menyempurnakan Shalat yang kurang, sesudah imam memberi salam menyudahi shalat. Jadi umpama ia hanya dapat mengikuti imam sebanyak dua raka’at dalam shalat maghrib, maka sesudah imam mengucapkan salam (selesai Shalat), ia harus berdiri menambah satu raka’at lagi. Sesudah itu barulah ia menyudahi shalatnya dengan salam.

Menjadi makmum masbuk janganlah keseringan, karena dapat mengurangi pahala dari shalat jama'ah kalian, jadi usahakan datang lebih awal, jika mampu sebelum imam datang ditempat, kita sudah siap terlebih dahulu, karena perkara itu sangatlah baik, supaya kalian tidak menjadi makmum masbuk, istiqomah atau konsistensi dalam beribadah itu penting dan Allah maha Mengetahui apa yang kita perbuat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar