Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesehatan Dalam Perspektif Islam

Kesehatan Dalam Perspektif Islam - caraku.id Assalamu’alaikum warohmatullah hiwabarokatuh…Islam islam islam, salah satu pilar dari tiga pilar pokok yakni islam, iman dan ihsan. Di dalam kitab Safinatun Najah, tertuliskan Islam secara bahasa al-inqiyadu yang artinya mematuhi, sedangkan menurut istilah adalah “al-inqiyadu lil ahkami syar’iyyatin” yang artinya mematuhi kepada hukum-hukum syariat.

Kesehatan Dalam Perspektif Islam

Kesehatan Dalam Perspektif Islam

Teman-teman.....Islam merupakan agama yang senantiasa mengatur seluruh aspek tatanan kehidupan di bumi, guna mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Salah satu penunjang kebahagian tersebut adalah dengan memiliki tubuh yang sehat, sehingga dengannya kita dapat beribadah dengan lebih baik kepada Allah.

Agama Islam sangat mengutamakan kesehatan (lahir dan batin) dan menempatkannnya sebagai kenikmatan kedua setelah iman. Kesehatan merupakan hak asasi manusia serta sesuatu yang sesuai dengan fitrah manusia, maka islam menegaskan perlunya istiqomah serta memantapkan dirinya dengan menegakkan agama islam.

Teman-teman......Berbicara mengenai kesehatan, islam merupakan satu-satunya agama yang memberikan perhatian utama terhadap kesehatan manusia. Dari presepektif islam, dibagi dalam dua aspek, yakni kesehatan jiwa dan kesehatan fisik. Karena antar jiwa dan jasad saling terkait.

Rasulullah SAW bersabda, “sungguh, badanmu memiliki hak atas dirimu.”(H.R Muslim). Diantara hak badan adalah memberikan makanan pada saat lapar, memenuhi minuman pada saat haus, memberikan istirahat pada saat lelah, membersihkan pada saat kotor dan mengobati pada saat sakit.

Penyakit fisik disebut dengan "داء"  obatnya disebut dengan "دواء" , sedangkan penyakit hati terkait dengan kemuliaan akhlak, terkait dengan sifat kita itu disebut dengan "مرض"  tempatnya di qolbun jamaknya quluubun "في قلو بهم مرض "  (al-baqarah ayat 10), obatnya disebut dengan syifa’. Lantas bagaimana mendapatkan syifa’? cara mendapatkannya ada dalam al-qur’an surat ke 17 ayat 82 :

و ننزل من القران ما هو شفاء و رحمة للممؤمنين

“Dan kami turunkan dari Al-qur’an(sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman.”

Teman-teman....Didalam hadist telah diterangkan 
لكل داء دواء. فإذا أصيب دواء الداء برأ با إذن الله
“Semua penyakit ada obatnya. Jika cocok antara penyakit dan obatnya, maka akan sembuh dengan iizin ALLAH”

Oleh karena itu Teman-teman, kita harus menjaga kesehatan jasmani dan rohani, agar kita dapat beribadah kepada Allah dengan maksimal. Jika badan ingin sehat maka jiwa harus kuat. Dan jika ingin hidup selamat Tinggalkanlah perkara maksiat Sekian dan demikian, kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat dunia dan akhirat. Wassalamu’alaikum warohmatullah hiwabarokatuh.