Skip to main content

Hal hal Yang Membatalkan Shalat

Hal hal Yang Membatalkan Shalat

Hal hal Yang Membatalkan Shalat Ayyuha readers fillah, selain ada hal-hal yang membatalkan wudhu(cantumin linknya), ternyata ada hal-hal yang membatalkan shalat, ketahuilah bahwasannya apabila seorang muslim meninggalkan rukun shalat, maka shalatnya tidak sah, dan apabila seorang muslim mengerjakan shalat dan ia menolehkan kepala atau pandangannya secara sengaja, maka shalatnya menjadi batal.

Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari:
"Perbuatan itu adalah barang rampasan yang dirampas setan dari seorang hamba" (HR. Al-Bukhari) yuk baca dengan seksama, supaya kita bisa mawas diri sebelum melaksanakan shalat, supaya shalat kita sah dan dapat diterima oleh Allah SWT

Hal hal Yang Membatalkan Shalat

1. Berbicara Secara Sengaja
Dalam hal ini tak dapat dipungkiri dan tidak boleh kita langgar, karena jika kita bicara saat shalat, maka kita tidak fokus terhadap bacaan shalat, dan shalat kita menjadi batal.

2. Tertawa Terbahak-bahak Dalam Shalat
Berbicara saja tidak boleh, apalagi dengan tertawa saat shalat, tentunya jika kita orang yang paham akan agama, tak mungkin hal ini dilakukan.

3. Makan atau Minum Secara Sengaja
Dalam hal ini, apakah makan atau minum tidak sengaja dima’fukan oleh Allah SWT, oh tidak, makan dan minum dengan sengaja tidak boleh, apalagi tidak sengaja.

4. Melakukan Terlalu Banyak Gerakan
Kita sebelum shalat, harus mengetahui apa saja dan bagaimana seharusnya gerakan shalat dilakukan, supaya shalat kita sah, dan kita juga tidak membuat-buat gerakan sendiri dalam shalat.

5. Tidak Menghadap Kearah Kiblat Secara Sengaja
Kiblat adalah hal penting untuk kita ketahui, supaya kita benar-benar menghadap Allah SWT dengan arah yang sudah ditentukan.

6. Batalnya Wudhu
Sebelum melaksanakan shalat, kita harus menjaga wudhu’ kita, karena ini merupakan syarat sahnya shalat. Didalam Shalat Wudhu kita juga bisa batal karena hadas kecil seperti kentut dll.

7. Mengingat Shalat Yang Belum Dikerjakan
Perumpamaannya seperti seseorang yang mengerjakan shalat ashar lalu ingat bahwa ia belum mengerjakan shalat zhuhur. Dalam hal ini, ia harus berhenti mengerjakan shalat ashar dan kembali melaksanakan shalat zhuhur. Setelah itu baru mengerjakan shalat ashar.

8. Tidak Tuma’ninah Pada saat Ruku’, Berdiri, Sujud Maupun Duduk
Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW kepada seorang arab badui yang tidak tuma’ninah dalam shalatnya, dimana beliau memerintahkan untuk mengulangi shalatnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar