Skip to main content

Dalil Al-Qur'an Yang Mewajibkan Shalat

Dalil Al-Qur'an Yang Mewajibkan Shalat

Dalil Al-Qur'an Yang Mewajibkan Shalat Ayyuha, readers fillah.... Masih membahas perkara Shalat, shalat adalah tiangnya agama, maka dari itu kita sebagai umat islam wajib mengerjaknnya, karena ini merupakan persembahan kita kepada Allah SWT yang Esa dan tidak ada duanya. Apalagi shalat lima waktu atau shalat fardhu yang wajib kita kerjakan sebanyak lima kali dalam sehari, hal ini sangat dikuatkan oleh firman Allah yang termaktub dalam Al-Qur'an, berikut ini dalil-dalil yang membahas tentang wajibnya Shalat

Dalil Al-Qur'an Yang Mewajibkan Shalat

1. QS. Al-Isra' Ayat 78 Yang Berbunyi:
اَقِمِ الصَّلَوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلَى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاَنَ اْلفَجْرِ. اِنَّ قُرْاَنَ اْلفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا (78)الاسرآء
Latin: "Aqimissholata Lidzulukissamsi Ila Ghasaqil Lailli Wa Qur'anal Fajri. Inna Qur'anal Fajri Kaana Masyhuda"
Artinya: "Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat shubuh itu disaksikan oleh malaikat”. 

Penjelasan QS. Al-Isra' Ayat 78 Tentang Shalat
Dari ayat diatas sangatlah jelas, bahwasannya Allah SWT memerintahkan kita untuk menunaikan shalat dari matahari terbit hingga terbenam, dan tentunya kita telah memahami itu, dan pada ayat ini, sangat ditekankan pelaksanaan shalat shubuh, karena Bahkan malaikat pun ikut menyaksikan bagi orang-orang yang shalat shubuh, kenapa sangat ditegaskan? karena banyak dari kita sangat lalai dalam menjalankan shalat shubuh, mungkin karena pada waktu tersebut, adalah waktu tidurnya seseorang, sehingga apabila kita mengerjakan, malaikat pun ikut menyaksikan.

2. QS. Hud Ayat 114 Yang Berbunyi:
وَاَقِمِ الصَّلَوةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ الَّيْلِ. اِنَّ اْلحَسَنَتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّاَتِ. ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّكِرِيْنَ.(114)هود
Latin: "Wa Aqimissholata Thorofayinnahari Wazulafamminal Laili. Innal Hasanati Yudzhibnassyaiyiati. Dzalika Dzikro Lidzzakirin"
Artinya: “Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan bagian permulaan dari malam. Sesungguhnya perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat”

Penjelasan QS. Hud Ayat 114 Tentang Shalat
Dari ayat di atas sangatlah jelas bahwasannya, Allah SWT memerintahkan kita untuk melaksanakan atau menunaikan shalat, dan bahkan jika kita mematuhiNya, kita akan terhindar dari segala sesuatu yang buruk-buruk.

3. QS. An-Nisa' Ayat 103 Yang Berbunyi:
اِنَّ الصَّلَوةَ كَانَتْ عَلَى اْلمُؤْمِنِيْنَ كِتَابًا مَوْقُوْتًا (103)النّسآء
Latin: "Innassholata Kanat 'Alalmu'miniina Kitabammauquutaa"
Artinya: “Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”

Penjelasan QS. An-Nisa' Ayat 103 Tentang Shalat
Dari ayat diatas Allah menegaskan kembali bahwasanna shalat merupakan kewajiban umat islam, dan Allah telah menetapkan waktu-waktunya, dan Allah SWT mengutus Rasulullah SAW untuk memberikan contoh dalam pelaksanaanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar