Skip to main content

Apa itu Shalat Beserta Syarat-syarat Dalam Shalat

Apa itu Shalat Beserta Syarat-syarat Dalam Shalat

Apa itu Shalat Beserta Syarat-syarat Dalam Shalat Well readers fillah, good day for you all, I wish you in feeling good condition. By the way, kali ini kita akan membahas materi baru yaitu bab Shalat. Shalat merupakan salah satu pilar agama yang menduduki peringkat kedua setelah syahadat. Mengerjakannya pada awal waktu merupakan amalan yang terbaik, sedang meninggalkannya merupakan perbuatan kufur.

Shalat merupakan pondasi terbaik bagi setiap amal kebaikan di dunia ini serta rahmat dan kemuliaan di akhirat kelak. Shalat adalah salah satu ibadah mahdhah yang pertama kali diwajibkan oleh Allah SWT. Shalat juga merupakan seruan yang dikumandangkan Allah SWT kepada semua Nabi dan Rasul-Nya.

Apa itu Shalat Beserta Syarat-syarat Dalam Shalat

Pengertian Shalat

Secara etimologis, shalat berarti doa, sebagaimana difirmankan Allah SWT “berdoalah untuk mereka, karena sesungguhnya doa kalian itu menjadikan ketentraman bagi jiwa mereka.”(At-Taubah:103).
Adapun menurut syari’at, shalat berarti ekspresi dari berbagai gerakan sebagaimana diketahui, jika dalam suatu dalil terdapat perintah dan petunjuk shalat, maka hak itu secara lahiriyah kembali kepada shalat dalam pengertian syari’at. Shalat merupakan kewajiban yang ditetapkan melalui Al-qur’an, Al-Hadits dan ijma. Dan yang melalui ijma’ para ulama bersepakat mewajibkan shalat lima waktu dalam satu hari satu malam.

Juga ternyata para alim ulama memaknai sholat secara istilah dalam ilmu syari’ah yakni serangkaian ucapan dan gerakan yang tertentu yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan ucapan salam, serta dikerjakan dengan niat dan syarat-syarat tertentu.

Shalat ialah suatu amal ibadah yang sangan komprehensif, karena terdapat berbagai ibadah didalamnya, seperti zikir, tilawah Ayat Al-qur’an, berdiri menghadap Allah SWT, sujud, doa, tasbih dan takbir. Dan tahukah anda, bahwasannya amalan yang dihisab atau diperhitungkan pertama kali adalah SHOLAT. Oleh karena itu kerjakanlah sholat, maka ia akan menolong kamu dalam kesabaran.

Syarat-syarat Dalam Shalat

1. Suci badan dari hadas kecil dan hadas besar
2. Suci anggota badannya, pakaiannya dan tempat dari najis
3. Menutup aurat
4. Menghadap kiblat
5. Telah masuk waktu shalat
6. Mengetahui cara melakukan shalat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar