Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Unsur Pembentukan Dalam Sebuah Film

Apa itu Unsur Pembentukan Dalam Sebuah Film - caraku.id Apa yang kalian ketahui tentang unsur pembentukan dalam sebuah film? disini kami akan menjelaskan dua macam unsur pembentukan dalam sebuah film. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini guys.

Apa itu Unsur Pembentukan Dalam Sebuah Film

Apa itu Unsur Pembentukan Dalam Sebuah Film

1. Unsur Naratif

Secara harfiah kata naratif memiliki arti teknik bercerita. Unsur naratif adalah elemen - elemen yang membentuk cerita (berhubungan dengan aspek cerita atau tema film) Unsur pembentuk cerita adalah tema, tokoh dan penokohan, konflik, setting (waktu, tempat, suasana), alur (jalinan peristiwa secara kausalitas yang memiliki maksud dan tujuan)

Unsur naratif sendiri adalah bahan (materi) yang akan diolah. Dalam film cerita, unsur naratif adalah perlakuan seorang pembuat film terhadap cerita film itu sendiri. Contoh: adegan sebuah rumah yang terbakar, ini lah yang disebut dengan akibat. Pasti akan dibarengi dengan seseorang yang sedang bermain api di dekat tempat tidur atau bisa juga dengan adegan kompor yang sedang menyala tanpa ada yang mengawasi, dan ini adalah sebab.

2. Unsur Sinematik

Unsur sinematik adalah cara (gaya) untuk mengolah unsur naratif. Ada 4 elemen pokok dalam sebuah sinematik : mise-en-scene, sinematografi, editing dan suara.

Mise-en-scene adalah segala hal yang ada di depan kamera. Mise-en-scene memiliki 4 bagian pokok : setting atau latar, tata cahaya, kostum dan make up, acting dan pergerakan pemain.

Sinematografi adalah perlakuan kamera dan film, serta hubungan kamera dengan obyek yang diambil. Sehingga mendapatkan gambar yang menarik.

Editing adalah proses pemotongan atau transisi sebuah gambar ke gambar lainnya (shot - shot) ini juga merupakan proses terpenting dimana untuk menciptakan gabungan dari beberapa video menjadi satu kepaduan.

Suara adalah semua hal dalam film yang bisa kita tangkap melalui indra pendengaran, suara yang sesuai dengan suasana pengambilan sebuah gambar maka itu akan mempercantik sebuah video, misalnya gambar yang diambil berlatar di hutan maka suara yang muncul adalah suara burung atau binatang yang terdapat dalam hutan tersebut.