Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Teknologi Internet Online Sebagai Media Komunikasi

Perkembangan Teknologi Internet Online Sebagai Media Komunikasi - caraku.id Pada era globalisasi ini dimana mulai berkembangnya teknologi dan digitalisasi, computing power dan data analytic, yang telah melahirkan hal-hal yang baru di berbagai bidang, yang mengubah secara mendasar dan berpengaruh terhadap pola kehidupan kita. Baik itu dalam interaksi sosial, pekerjaan, bahkan politik.

Dalam review ini penulis lebih khusus menjelaskan tentang bagaimana pengaruhnya perkembangan teknologi internet/online sebagai media komunikasi terhadap komunikasi itu sendiri. Apakah dengan adanya media internet, komunnikasi lebih efisien? Apa media internet, mempengaruhi terhadap pola komunikasi dan kehidupan sosial?

Perkembangan Teknologi Internet Online Sebagai Media Komunikasi

Perkembangan Teknologi Internet Online Sebagai Media Komunikasi

A. Perkembangan Teknologi Internet

Berkembangnya teknologi tersebut sangat memungkinkan terjadinya perubahan media komunikasi. Media komunikasi adalah alat atau sarana yang digunakan untuk berkomunikasi. Dalam hal ini, sebuah media yang memfasilitasi komunikasi yang termediasi. Dahulu ketika perkembangan teknologi internet yang muncul pada abad ke 21, dimana masyarakat masih menganggap internet sebagai perkembangan teknologi komputer.

Berbeda dengan dengan era saat ini dimana boomingnya fasilitas internet (e-mail, chatting dan browser) digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi sehingga menjadikan internet sebagai media dalam berkomunikasi. Internet bukan hanya menjadi media komunikasi, bahkan memiliki kemampuan interaktif yang melahirkan ekstra kemudahan bagi para penggunanya. Sifat interactivity dari penggunaan media telah melampaui kemampuan potensi umpan balik (feedback), karena seorang khalayak pengkases media internet dapat secara langsung memberikan umpan balik atas pesan-pesan yang disampaikan. Di samping itu, berkat kemajuan teknologi informasi pula, media komunikasi pun berubah, biaya maupun infrastruktur yang diperlukan untuk dapat mengolah dan mengirimkan informasi pun kian murah dari tahun ke tahun.

Pada konteks yang lebih luas, media internet sesungguhnya bukan saja memperlihatkan kian cepatnya perkembangan teknologi. Perubahan media komunikasi juga mampu mengubah hubungan antara anggota keluarga. Singkatnya, media juga mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan. (Jurnal Commed Vol.1 No.1 Agustus 2016)

Dalam jurnal tersebut dijelaskan bagaimana media internet dapat mengubah pola komunikasi pada keluarga di era saat ini. Perubahan tersebut sangat nampak pada saat bagaimana keluarga menjalin hubungan sosial dengan anggota keluarga baik dalam jarak jauh maupun jarak dekat dengan menggunakan media internet sebagai alat berkomunikasi, dan hal ini mempengaruhi terhadap kualitas keluraga itu sendiri, apakah dengan media internet, komunikasi dalam keluarga semakin harmonis? atau malah sebaliknya?

Keluarga kini telah kehilangan dimensi fisik, yang diambil alih kehadirannya oleh dimensi virtual. Dengan kehilangan itu, keluarga di perkotaan telah kehilangan aura, yaitu pancaran spirit yang dipantulkan oleh keluarga sebagai lingkungan awal proses pemanusiaan, tempat pendidikan dan pembentukan watak, moral, serta melatih kebersamaan sebagai bekal kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di dalam keluarga digital interaksi dan komunikasi tatap muka kini diambil alih oleh komunikasi yang dimediasi oleh teknologi informasi, dan sedang berbenah dalam budaya virtual. (Jurnal Commed Vol.1 No.1 Agustus 2016)

B. Internet Sebagai Media Komunikasi

Internet sebagai media komunikasi telah merubah pola komunikasi yang berpotensi terhadap bagaimana anak di era milenium memiliki karakteristik yang jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Dimana pada era saat ini menuntut penggunanya memiliki pengetahuan cara menggunakan software komputer secara umum dan software aplikasi internet secara khusus seperti; Facebook, e-mail, Twitter dll. Kehidupan sehari hari yang dikelilingi oleh teknologi videogame, email, internet, dan pesan instan (instant messaging). Cara generasi ini mempelajari pengetahuan juga berbeda. Ada tiga cara belajar mereka, yaitu:

1. Langsung mengalami dan melakukan (experiential learning)

2. Kerja tim

3. Menggunakan jejaring sosial (social networking).

Sehingga hal tersebutlah yang membentuk karakteristik generasi pada era saat ini. Dimana semuanya ingin serba cepat atau instan sudah tersetel secara alami pada generasi ini, sifat negatif pada generasi ini yaitu malas, kurangnya berusaha dan kehidupan sosial yang kurang harmonis. Dulu orang ketika menunggu kereta mereka biasa menanyakan, sedang menunggu kereta ya pak? darimana jenengan pak? mau pergi kemana? mudah sekali orang dulu dalam membangun keharmonisan dalam berkomunikasi berbeda dengan orang pada era saat ini saat, duduk bersebelahan mereka tidak perduli, mereka sibuk dengan gadget mereka masing-masing.

Dalam Journal of Communication 56 (2006), dimana salah satunya meneliti bagaimana penggunaan teknologi komunikasi telah dikaitkan dengan hubungan dengan teman, tetangga, kerabat, dan rekan kerja. Dalam jurnal tersebut sebuah angka studi telah meneliti efek Internet pada interaksi di antara teman-teman. Studi Paradox Internet pada awalnya menemukan bukti bahwa penggunaan Internet menurun secara sosial modal dan komitmen kepada masyarakat (Kraut et al., 1998). Namun, dalam 3 tahun tindak lanjut dari sampel asli, penelitian ini menemukan efek sebaliknya secara keseluruhan (Kraut et al., 2002). Selanjutnya, LaRose, Eastin, dan Gregg (2001) menemukan bahwa Internet dapat mengurangi depresi dengan menyediakan sarana untuk mendapatkan dukungan sosial melalui pertukaran email dengan rekan yang dikenal. Internet melengkapi bentuk komunikasi yang sudah ada sebelumnya dan tampaknya menjadi kekuatan positif dalam pembentukan sosial.

Dalam jurnal tersebut juga disampaikan bahwa kurangnya keterampilan sosial lebih lanjut mengarah ketanggapan yang tidak diinginkan dari orang lain, yang pada gilirannya membuat kehidupan sosial tidak kompeten lebih tidak menyenangkan (dalam media internet). Sebaliknya Orang-orang yang memiliki keterampilan sosial yang lebih tinggi dapat menggunakan Internet dengan cara yang lebih baik untuk memperluas kemampuan mereka dalam berkomunikasi dalam media internet.

Terlepas dari hal itu internet memiliki jaringan yang luas, maka cakupan media internet tidak terbatas pada batasan geografis sehingga lintasan benua dapat dicapai yang memungkinkan terjadinya komunikasi dan interaksi antarbudaya. Jika hambatan geografis dapat dilampaui, maka hambatan waktu (timelesness) oleh media internet relatif lebih cepat kapasitas kemampuannya untuk menyampaikan pesan yang berupa teknologi digital komputer dalam bentuk teks, grafis, audio ataupun video. Semua bentuk pesan tersebut, kecepatannya tergantung pada rute transmisi yang harus dilalui, juga sangat bergantung pada needs atau kebutuhan penerima pesan untuk melihat pesan-pesan tersebut. (Komunika Vol.4 No.1 Januari-Juni 2010 )

C. Kelebihan Internet Sebagai Media Komunikasi

Hal ini yang menjadi kelebihan dari internet sebagai media komunikasi, dimana pesan dapat tersampaikan dengan cepat dan tidak terbatas pada batasan geografis. Jika keluarga kita berada di luar kota bahkan diluar negeri kita dapat mengirim pesan untuk menanyakan kabar misalnya temen kita yang berada di luar negeri dengan cepat, bahkan kita bisa bertatap muka dengan menggunakan teknologi videocall. Dalam internet juga terdapat fasilitas website, kita dapat menggali informasi, pengetahuan, bahkan berita-berita dunia bisa kita ketahui dalam website, inilah yang menjadi kelebihan dari media internet.

Bahkan dalam sistem pendidikan perguruan tinggi mulai menerapkan sistem online internet untuk mempermudah aktivitas perkuliahan. Lebih-lebih sudah ada universitas yang secara keseluruhan menerapkan sistem perkuliahan jarak jauh yaitu Universitas Terbuka, mulai dari cara berkomunikasi, kegiatan dalam kelas untuk mengisi materi perkuliahan, pengumpulan tugas, absensi, semua menggunakan fasilitas internet online. Universistas Terbuka sudah mendapatkan izin Program Pendidikan Jarak Jauh (PPJJ), hal ini menjadikan mahasiswa mereka baik dalam berkomunikasi atau pembelajaran tidak bisa terlepas dari penggunaan media.

Simpulan

Dapat penulis simpulkan, dengan berkembangnya teknologi pada era saat ini, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, melalui jaringan internet sebagai media komunikasi membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat, komunikasi yang biasa terjadi secara langsung, mengalami perubahan media dalam komunikasi, kini berubah secara drastis menjadi komunikasi lewat sebuah media online/internet, yang menggunakan fasilitas internet seperti: Facebook, e-Mail, Twitter, Whats’app dan lain-lain. Kehadiran media internet tersebut memberikan dampak kepada masyarakat, baik positif, maupun negatif, dalam bidang sosial, budaya,ekonomi, pendidikan dan berbagai bidang lain.