Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perubahan Dunia Memasuki Era Revolusi Industri 4.0

Perubahan Dunia Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 - caraku.id Pada era globalisasi ini dimana mulai berkembangnya digitalisasi, computing power dan data analytic yang telah melahirkan hal-hal yang baru di berbagai bidang, yang mengubah secara mendasar dan berpengaruh pada kehidupan kita. Baik itu dalam pekerjaan, interaksi sosial bahkan politik, semua sudah mulai menggunakan media teknologi dimana hal ini lebih dekenal dengan revolusi industri 4.0

Menristekdikti mengungkapkan bahwa Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 dimana teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas (borderless), data yang tak terbatas (unlimited) dan dipengaruhi oleh perkembangan internet serta teknologi digital yang sangat masif. Saat ini merupakan era bagi revolusi industri keempat 4.0. Revolusi keempat ini ditandai dengan mulai digunakannya teknologi informasi dalam segala bidang. Untuk itu, kita harus mampu menghadapi dan meyiapkan diri untuk beradaptasi dari transformasi yang tidak terelakan tersebut.

Perubahan Dunia Memasuki Era Revolusi Industri 4.0

Perubahan Dunia Memasuki Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri mengalami perkembangan yang sangat pesat saat ini dengan lahirnya teknologi digital yang berdampak kuat terhadap kehidupan manusia di seluruh dunia. Revolusi industri terkini atau generasi keempat dimana yang sudah kita ketahui bersama sudah mendorong sistem otomatisasi di dalam semua proses aktivitas kita. Teknologi internet yang semakin pesat berkembang tidak hanya menghubungkan jutaan manusia di seluruh dunia tetapi juga telah menjadi basis bagi transaksi perdagangan dan transportasi secara online, yang ditandai dengan munculnya bisnis transportasi online seperti Gojek, Uber dan Grab yang menunjukkan aktivitas manusia dengan teknologi informasi dan ekonomi menjadi semakin meningkat. bahkan juga berkembangnya teknologi drone, aplikasi media sosial, semakin menegaskan bahwa dunia dan kehidupan manusia telah berubah secara mendasar.

Kita dapat menyaksikan efisiensi antara taksi konvensional dengan taksi online atau ojek pangkalan dengan ojek online. masyarakat tidak pernah menduga sebelumnya bahwa ojek atau taksi yang populer dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan mobilitas manusia berhasil ditingkatkan kemanfaatannya dengan sistem aplikasi berbasis internet online. Dan itu membuat masyarakat menjadi lebih mudah untuk mendapatkan layanan transportasi dan bahkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Yang lebih tidak terduga, layanan ojek online tidak sebatas sebagai alat transportasi alternatif tetapi juga merambah hingga bisnis layanan antar (online delivery order). Dengan kata lain, teknologi online telah membawa perubahan yang besar terhadap peradaban manusia dan ekonomi dan untuk bisa mengakses tersebut kita membutuhkan sebuah saluran atau media dalam hal ini yaitu smartphone, hanya dengan genggaman tangan kita sudah bisa melakukan banyak hal.

Pada era revolusi industri 4.0 ini membuka peluang yang sangat luas bagi siapa saja untuk maju. Teknologi informasi yang semakin mudah diakses hingga ke seluruh pelosok menyebabkan semua orang dapat terhubung didalam sebuah jejaring sosial. Memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, bertukar informasi hingga berbisnis kita dapat melakukannya dengan mudah, kita juga dapat mengirim file document kita menggunakan e-mail dengan memanfaatkan internet online, hal itu sangat membantu terhadap aktivitas kita, efisien waktu dan biaya.

Selain itu dalam hal pendidikan pada era revolusi 4.0 sudah mulai berkembang sangat pesat, bahkan saat ini sudah ada pendidikan perguruan tinggi yang telah menggunakan sistem pembelajaran dan digital learning jarak jauh yaitu salah satunya adalah Universitas Terbuka dan universistas tersebut sudah mendapatkan izin Program Pendidikan Jarak Jauh (PPJJ), dengan sistem pembelajaran jarak jauh tersebut maka mereka menggunakan internet online untuk melakukan pembelajaran, sehingga menjadikan mahasiswa mereka tidak bisa terlepas dari penggunaan media seperti komputer dan smartphone dan media yang lain dalam mengikuti pembelajaran secara online, juga dalam hal mengerjakan dan mengirim tugas untuk diselesaikan, dan hal itu membuat peran media pada era revolusi keempat ini menjadi sangat penting.

Menristekdikti menekankan bahwa peningkatan kualitas pendidikan memerlukan pemerataan pendidikan melalui pemanfaatan teknologi informasi seperti pembelajaran melalui digital learning yang saat ini tengah berkembang.

Semua itu tidak terlepas dari peran media, smartphone memudahkan kita untuk mengakses data, ilmu pengetahuan secara luas, dan juga aktivitas lainnya seperti ojek, order makanan, pesan tiket dll. media sendiri yaitu saluran kita untuk bisa mengakses