Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Elemen Komunikasi Massa di Tengah Pandemi Covid 19 Beserta Contoh

Fungsi dan Elemen Komunikasi Massa di Tengah Pandemi Covid 19 Beserta Contoh - caraku.id Ada beberapa pendapat terhadap Fungsi dari komunikasi massa salah satunya misalnya menurut Onong Uchjana Effendy dalam bukunya “Dinamika Komunikasi” menyebutkan bahwa ada tiga fungsi komunikasi massa. Pertama menyiarkan informasi, kedua, mendidik, ketiga, menghibur.  Ada juga yang berpendapat fungsi komunikasi masa ada 5 menurut Elvinaro, 1) Fungsi pengawasan, 2) Fungsi penafsiran, 3) Fungsi pertalian, 4) Fungsi penyebaran nilai, 5) Fungsi hiburan.

Disisi lain pada kondisi saat ini dimana COVID-19 menjadi pandemi, media massa dalam menyebarkan COVID-19 ini masif dan bahkan hampir setiap hari didalam berita selalu memberitakan virus ini, dalam hal ini media massa memang menjalankan salah satu fungsinya yaitu menyiarkan informasi terkait COVID-19, terlepas dari itu media massa seharusnya juga memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi masyarakat apakah dengan informasi tersebut masyarakat dapat berwaspada terhadap virus ini atau malah menimbulkan kepanikan. Jadi sebaiknya media massa juga membatasi penayangan berita dan mengikuti etika dalam media massa.

Fungsi dan Elemen Komunikasi Massa di Tengah Pandemi Covid 19 Beserta Contoh

Fungsi Komunikasi Massa di Tengah Pandemi Covid 19

Misalnya dalam kasus pertama COVID-19 pada senin (2/3/2020) yang diumumkan oleh presiden Jokowi, dimana dua warga depok yang dinyatakan positif COVID-19. Dalam hal ini media masa harus berhati-hati agar tidak menimbulkan kepanikan berlebih kepada warga. misalnya dengan cara tidak mempublikasi identitas Warga Negara Indonesia seperti nama dan alamat yang terjangkit virus ini. sebab hal ini dapat menimbulkan kepanikan berlebih kepada masyarakat di sekitar rumah terjangkit tersebut. Media masa juga harus memastikan informasi yang dipublikasi ke publik berasal dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. Sebab Media menjadi sumber paling dipercaya oleh masyarakat.

Disisi lain media massa saat ini juga ada yang memberikan edukasi kepada publik bahwa peluang sembuh terhadap virus corona ini sangat besar. sehingga dapat mendorong masyarakat agar hidup sehat dan bersih. Salah satu contohnya yaitu anjuran untuk mengkonsumsi makanan sehat, olahraga, cara mencuci tangan yang baik dan benar dan menggunakan masker ketika keluar rumah. hal ini selaras dengan fungsi media massa yaitu fungsi edukasi. Disini juga terdapat fungsi persuasi yaitu mengajak masyarakat untuk optimis dalam melawan virus corona ini dengan pola hidup sehat.

Dari segi sisi fungsi hiburan masih tetap berjalan meski ditengah pandemi COVID-19 misalnya program Ini Talk Shaw, salah satu acara Talk Shaw yang fenomenal dimana acara tersebut tetap menghibur dengan hiburan yang positif, dalam satu adegannya ada aktor yang melakukan cuci tangan, memberi nasehat untuk hidup sehat kepada penonton dan juga edukasi – edukasi lainnya. Disisi lain biasanya dalam Talk Show tersebut didalam studionya pasti ada penontonnya tetapi pada saat pandemi COVID-19 ini pononton didalam studio tersebut tidak ada melainkan hanya host dan bintang tamu yang ada dalam studio tersebut. Ini memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa dalam pandemi COVID-19 ini harus menghindari keramaian. Ini merupakan salah satu bentuk hiburan yang mendidik.

Elemen-elemen Komunikasi Massa

a. Komunikator

Komunikator dalam komunikasi massa sangat berbeda dengan komunikator dalam bentuk komunikasi yang lain. Komunikator di sini meliputi jaringan, stasiun lokal, direktur, dan staf teknis yang berkaitan dengan sebuah acara televisi. Jadi komunikator merupakan gabungan dari berbagai individu dalam sebuah lembaga media massa. Jadi tidak hanya pembawa acara saja yang menjadi peran penting dalam menyampaikan berita tetapi juga seluruh staff teknis dll juga berperan disini.  

Contohnya dalam program acara PEJUANG COVID-19 di NET. TV yang menjadi pembawa acara adalah Panji Suryono komunikator tidak akan lancar dan sukses jika tanpa staff teknis yang menayangkan sebuat teks berita. Sehingga pembawa acara dapat mengkomunikasikan berita dengan baik.

b. Isi

Masing-masing media massa mempunyai kebijakan sendiri-sendiri dalam pengelolaan isinya. Sebab, masing-masing media melayani masyarakat yang beragam juga menyangkuti individu atau kelompok sosial. Jadi isi disini menyesuikan dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam acara PEJUANG COVID-19 ini tidak hanya memuat berita kejadian virus corona tetapi juga misalnya berita tentang cara melawan virus corona, bagaimana cara mencegahnya dan apa yang harus dilakukan masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerinta, juga tentang bagaimana pejuang garda tedepan yaitu para medis dan dokter dalam menangani pasien.

c. Audiens

Audiens yang dimaksud dalam komunikasi massa yang sangat beragam, dari jutaan penonton televis, ribuan pembaca buku, majalah, atau koran. Masing - masing audiens satu sama lain di antaranya dalam hal berpakaian, berfikir, menanggapi pesan yang diterimanya, pengalaman, dan orientasi hidupnya. Akan tetapi masing-masing individu bisa saling mereaksi pesan yang diterimanya. jadi lagi-lagi disini audiens akan merespon sebuah berita dengan cepat jika berita tersebut sesuai dengan kebutuhan atau kondisi saat ini.

Acara PEJUANG COVID-19 beritanya memang sesuai dengan kebutuhan audien, melihat dari nama acaranya tentu audiens akan langsung paham terhadap isi beritanya. Ini merupakan strategi yang tepat dalam membuat program acara sesuai kondisi yang sedang hangat saat ini, sehingga berita yang disampaikan menjadi konsisten.

d. Umpan balik

Di dalam komunikasi massa umpan balik biasanya terjadi tidak secara langsung. Artinya, antara komunikator dan komunikan dalam komunikasi massa tidak terjadi kontak langsung yang memungkinkan mereka mengadakan reaksi langsung satu sama lain. Dengan kemajuan teknologi saat ini, audiens dapat memberikan komentar melalui official media sosialnya.

e. Gangguan

Gangguan dalam komunikasi massa biasanya selalu ada. Di dalam media gangguan berupa sesuatu hal seperti kesalahan cetak pada surat kabar dan gangguan gelombang pada radio. Sedangkan gangguan semantik berarti gangguan yang berhubungan dengan bahasa. Bisa dikatakan, gangguan semantik adalah gangguan komunikasi yang akibatkan oleh pengirim atau penerima pesan itu sendiri. Dalam hal ini misalnya agar bahasa yang digunakan pembawa acara baik dan benar maka ditampilkan dalam layar sebuah teks berita yang akan diberitakan oleh pembawa acara sehingga kesalahan dalam bahasa menjadi minim. 

f. Gatekeeper

Di dalam komunikasi massa dengan salah satu elemennya adalah informasi, mereka yang bertugas untuk memengaruhi informasi itu (dalam media massa) disebut gatekeeper. Mereka yang disebut gatekeeper antara lain reporter, editor berita, bahkan editor film.

Dalam acara PEJUANG COVID-19 Gatekeeper disini merupakan peran penting dalam menampilkan berita untuk memilih dan memilah informasi sesuai dengan program acara sehingga acara menjadi konsisten.

g. Pengatur

Karena kekuatan media massa sedemikian besar, tidak sedikit di antara orang-orang di luar media menggunakan kekuatannya untuk kepentingan mereka sendiri. Jadi orang atau institusi di luar media ini secara langsung atau tidak, ikut berperan dalam proses aliran informasi yang disebarkan atau disiarkan media massa.

h. Filter

Filter di sini adalah kerangka pikir melalui mana audiens menerima pesan. Filter ibarat bingkai kacamata tempat audiens melihat dunia. Ada beberapa filter, antara lain fisik, psikologis, budaya, dan yang berkaitan dengan informasi.

Dalam Program Acara PEJUANG COVID-19 dari sebuah nama program acaranya sendiri sudah merupakan filter terhadap informasi apa yang akan disampaikan kepada masyarakat. sehingga informasi yang ditampilkan menjadi konsisten.

Contoh Media Massa Yang Menjalankan Fungsinya

Contoh media massa yang menurut saya sudah menjalankan fungsi dari media massa itu sendiri yaitu stasiun televisi NET. Dimana mereka menampilkan sebuah acara/berita yang memang dibutuhkan oleh masyarakat dan konsisten terhadap informasi yang diberitakan. stasiun televisi ini sudah menjalankan fungsi media massa seperti, Fungsi Informasi melalui acara – acara berita misalnya acara SELAMAT SIANG INDONESIA, PEJUANG COVID-19 dll. Lalu fungsi Hiburan melalui acara-acara talk show, wayang dll. Dimana didalam acara tersebut juga disisipkan edukasi-edukasi kepada audiens.