Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Proposal Usaha dan Contoh Penulisannya

Cara Membuat Proposal Usaha dan Contoh Penulisannya - caraku.id Pengertian Proposal Usaha merupakan perkenaan dengan dokumen tertulis bisnis yang disiapkan oleh pengusaha yang mencerminkan semua unsur yang relevan, segmen bisnis internal dan eksternal atau pekerjaan baru atau proposal tertulis dokumen bisnis yang mengandung bisnis baru direncanakan.

Dengan memiliki proposal usaha, Anda dapat lebih mudah membuat rencana untuk mengembangkan suatu usaha. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat lain, seperti membandingkan antara rencana sebelumnya dan hasil yang ingin dicapai.

Cara Membuat Proposal Usaha dan Contoh Penulisannya

Proposal Usaha dan Contoh Penulisannya

Proposal usaha adalah draft atau media umum untuk menjelaskan profil usaha yang akan dikembangkan oleh seorang pengusaha. Proposal ini berupa dokumen tertulis yang menggambarkan semua unsur, baik internal maupun eksternal mengenai suatu usaha baru. berikut contoh format penulisannya.

Ringkasan Proyek

A. Manajemen

1. Nama Perusahaan      : Tahu Misteri

2. Nama Pemilik/Pimpinan Perusahaan : Budi

3. Bidang Usaha  : Makanan

4. Jumlah Karyawan/Tenaga Kerja : Dua Orang

B. Pemasaran

1. Produk yang Dipasarkan  : Tahu

2. Sasaran Konsumen/Pembeli  : Semua kalangan, terutama anak SD-SMK

3. Wilayah Pemasaran  : Karangsilo, Jember, Jawa Timur

4. Rencana Penjualan/Tahun  : 2020

5. Penetapan Harga Jual  : Tahu Misteri : Rp. 2.000

C. Produksi/Operasi

1. Kapasitas Produksi : 100 Tahu dalam tiga hari

2. Fasilitas/Sarana Produksi : Tempat Memasak, Tempat Jualan, Banner

Kata Pengantar

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman terang, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan proposal usaha ini dengan baik dan tepat waktu.

Dalam proses penyusunan proposal ini kami menjumpai banyak hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan proposal ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya proposal ini.

Kami menyadari bahwa  proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan. Harapan kami semoga proposal ini disetujui.

Jember, 27 April 2021

Tim Penyusun

Pendahuluan

Nama Usaha

Usaha kuliner “Tahu Misteri”.

Status Usaha

Usaha yang akan saya jalankan adalah usaha Makanan dalam status pengembangan

Latar Belakang

Kami mengangkat usaha tahu kaget ini karena tahu yang akan kami jual tidak seperti tahu yang biasa dijual di pasaran pada umumnya. Menurut kami, ide usaha yang akan kami realisasikan ini cukup kreatif, inovatif dan bernilai jual tinggi. Usaha ini juga mudah untuk direalisasikan karena ada beberapa faktor, yaitu karena tahu merupakan makanan yang mudah didapat dan banyak di gemari oleh masyarakat di Indonesia. Juga karena melihat anak muda sekarang yang senang mencari makanan yang unik, baru, dan dengan harga terjangkau.

Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha Tahu Misteri ini, karena sebagian dari masyarakat sangat menyukai tahu isi karna rasanya yang enak, gurih dan nikmat. Tahu  ini memiliki beraneka ragam isi yang ditempatkan dalam satu wadah, sehingga konsumen tidak dapat menerka tahu dan isi apa yang mereka pilih. Oleh karena itu, tahu ini dinamakan “Tahu Misteri”. Selain itu, Tahu Misteri ini dapat dinikmati oleh semua umur dan memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh seperti vitamin, protein, karbohidrat, mineral dan lain-lain. Jadi, siapapun bisa mengkonsumsi tahu kaget ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda.

Tujuan Usaha

1. Untuk mendapatkan keuntungan, karena menurut kami usaha ini sangat menjanjikan.

2. Untuk mencari pengalaman dalam berwirausaha.

3. Usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah.

4. Memvariasikan isi tahu dan menjadi makanan yang populer dikalangan masyarakat.

Metode Pelaksanaan

Produk

Produk yang akan kami hasilkan adalah tahu kaget, yaitu tahu yang mempunyai isi yang bervariasi. Ide tahu kaget didapatkan karena melihat isi tahu di pasaran sangatlah monoton, isinya belum bervariasi. Adapun tahu kaget beserta isinya yang ingin kami buat adalah :

1. Tahu Misteri Balado

2. Tahu Misteri Isi Sayuran

3. Tahu Misteri Isi Sayuran Pedas

4. Tahu Misteri Isi Jamur

5. Tahu Misteri Isi Jamur Pedas

Bahan Baku

Bahan baku utama ialah tahu dan bahan untuk isinya. Adapun bahan-bahan yang dijadikan isi dalam tahu kaget ini adalah tahu cabai, sayuran, jamur dll.

Proses Produksi

Proses produksi tahu kaget sebagai berikut :

Belah salah satu sisi tahu cokelat seperti dompet, masukkan bahan isi tadi lalu masukkan tahu kedalam tepung yang sudah diberi air dan dibumbui. Kemudian digoreng sampai matang, angkat, tiriskan, dan sajikan sewaktu hangat.

Pemasaran

Sasaran pemasaran untuk permulaan usaha ini belum cukup luas, hanya di daerah sekitar saja. Namun jika usaha ini terus berkembang seiring bertambah banyaknya pelanggan maka sasaran pemasaran kami perluas yaitu wilayah Kota Jember

Tempat Produksi

Tempat produksi tahu kaget dilakukan di Jl. Rembangan, Karangsilo, Jember. Lokasi ini dipilih karena juga dalam mendapatkan bahannya mudah karena disitu ada beberapa orang yang memproduksi tahu mentahnya.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara menjual produk ini di tempat pusat keramaian seperti wisata dan taman hiburan. Dan target utama pemasaran kami ialah anak-anak SD-SMK yang senang berkumpul dan senang membeli jajanan yang unik dan baru. 

Dan strategi yang tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukannya ialah cukup dengan bercerita dengan teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha ini, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha ini dan membeli tahu kaget kami.

Analisis SWOT

1. Strengths/Kekuatan

a. Proses membuat tahu tidak terlalu lama.

b. Harga dari roti bakar ini cukup murah, terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.

c. Lokasi pemasaran bisnis  strategis.

d. Harga cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.

e. Variasi isi beraneka ragam.

2. Weakness/Kelemahan

a. Pemasaran hanya di daerah sekitar.

b. Kurangnya tenaga kerja.

c. Modal yang terbatas.

3. Opportunities/Peluang

a. Tahu merupakan makanan yang digemari banyak  masyarakat.

b. Peminat tahu cukup banyak.

4. Threats/Ancaman

a. Keuntungan tidak menentu karena harga kedelai sebagai bahan baku tahu cokelat cenderung naik.

b. Kekurangan tenaga kerja.

c. Banyak pesaing yang nantinya akan mengikuti konsep yang telah kami buat.

Rencana Biaya Usaha

Rencana Biaya

Rencana biaya yang akan kami lakukan ialah sebagai berikut:

1. Biaya Operasi (Dalam Tiga Hari)

a. Bahan Baku

No

Uraian

Vol

Satuan

Harga (Rp.)

1

Jamur

1/2

Kg

5.000,-

2

Saus BBQ

1

Botol

30.000,-

3

Sayur

15

Ikat

20.000,-

4

Cabai bubuk

1

ons

3.000,-

5

Tepung terigu

1

Kg

12.000,-

6

Minyak goreng

1

Liter

20.000,-

7

Toge

1/2

Kg

5.000,-

8

Penyedap rasa

5

Sachet

5.000,-

9

Balado

2

Sachet

10.000,-

Total

Rp. 110.000,-


b. Bahan Tambahan

No

Uraian

Vol

Satuan

Harga (Rp.)

1

Kertas Minyak

1

Pak

5.000,-

2

Plastik ½ kg

1

Pak

3.000,-

Total

Rp. 8.000,-


Total Biaya = Biaya bahan baku + Biaya bahan tambahan
Total Biaya = Rp. 110.000 + Rp. 8.000 = Rp. 118.000,-

2. Biaya dan Harga Per Unit

Total biaya produksi yang dikeluarkan untuk produk Tahu Misteri dalam 3 hari = Rp 110.000+ Rp 8.000 = Rp 118.000. 
Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : jumlah produk yang dihasilkan per bulan. Namun, untuk sementara kami menghitung biaya per unit untuk 3 hari, yaitu total biaya produksi dalam 3 hari : jumlah produk yang dihasilkan  selama 3 hari.
Tahu Misteri , total biaya produksi adalah Rp 118.000 : 100 tahu = Rp 1.180
Harga jual pertahu Rp 2.000

3. Modal Awal

Modal Awal  = Biaya bahan baku + Biaya bahan tambahan
Modal awal = Rp 110.000+ Rp 8.000
         = Rp 118.000.

4. Analisis Titik Impas (Break Even Point)
 
• BEP harga = Total biaya produksi selama 3 hari : Produksi.
• BEP harga = Rp 118.000.: 100 = Rp 1.180
Harga jual per tahu Rp 2.000.
• BEP produksi = Total biaya produksi selama 3 hari : Harga per unit.
• BEP produksi = Rp 118.000: Rp. 1.180= 100 tahu
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 3 hari harus terjual adalah 100 tahu dengan harga per tahu adalah Rp 2.000

5. Analisis Keuntungan

• Pendapatan  = Tahu yang terjual x harga jual
           = 100 x Rp 2.000
           = Rp 200.000
• Keuntungan = Pendapatan –Total biaya produksi
Keuntungan = Rp 200.000 - Rp 118.000 = Rp. 82.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 100 Tahu dengan harga Rp 2.000 tahu dalam 3 hari adalah Rp 82.000

Penutup

Demikian proposal usaha Tahu Misteri yang kami buat. Tidak lupa kami mengucapkan syukur kepada Tuhan YME karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal usaha kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini. 

Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha Tahu Misteri ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha yang telah kami rencanakan ini. 
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi pembelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi di hari esok. Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.