Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Naskah Layak Siar Dalam Membuat Berita

Cara Agar Naskah Layak Siar Dalam Membuat Berita - caraku.id Apa yang kalian ketahui tentang cara bagaimana seharusnya naskah berita bisa menjadi layak siar? disini kami akan menjelaskan tiga cara secara singkat agar berita yang kalian tulis bisa layak siar. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini guys.

Cara Agar Naskah Layak Siar Dalam Membuat Berita

Cara Agar Naskah Layak Siar Dalam Membuat Berita

1. Penggunaan Kata Yang Tepat

Naskah yang terdengar hambar sangat tidak membantu penyiar, betapapun upaya si penyiar untuk menyajikannya secara hidup, sebaiknya naskah yang lebih hidup biasanya ditulis oleh redaktur yang tahu betul menggunakan pilihan kata yang tepat.

2. Menggunakan Kata Kerja

Peran kata kerja (verb) lebih seringlah menggunakan kata kerja. Karena kata kerja merupakan dasar dalam penulisan berita radio atau televisi. Bentuk kalimatnya juga harus kalimat aktif (subyek melakukan kerja), bukan kalimat pasif. 

Contoh berita yang di dominasi kalimat aktif “Gempa hebat mengguncang ujung Utara,  gempa tersebut memporakporandakan desa di sekitar Karanganyar sampai pagi ini, ribuan penduduk mulai mengungsi meninggalkan desa mereka, tanah longsor akibat gempa tersebut, meratakan kawasan seluas sepuluh ribu hektar”

3. Menghindari Penggunaan Bentuk Negatif

Hindari penggunaan bentuk negative, kalian dapat memberi warna lebih segar pada naskah berita yang anda tulis, dengan mengubah bentuk kalimat negatif menjadi kalimat positif, terutama dalam lead berita.

Contoh :

1. Bukan berita radio atau televisi 

“Menteri pertanian menjelaskan para nelayan tidak akan dilarang menangkap udang di kawasan pantai dengan peralatan tradisional”

2. Berita radio atau televisi

“Pemerintah akan mengizinkan para nelayan menangkap udang di kawasan pantai dengan  peralatan tradisional”

Contoh 1 adalah kalimat pasif yang menggunakan bentuk negatif. Dua hal yang sebaiknya dihindari dalam menulis berita radio atau televisi. Sedangkan contoh 2 menggunakan kalimat positif dalam bentuk aktif.