Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisis SWOT Strengths Weaknesses Opportunities dan Threats Beserta Contohnya

Analisis SWOT Strengths Weaknesses Opportunities dan Threats Beserta Contohnya - caraku.id Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. SWOT merupakan akronim dari kata: kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT.

Analisis SWOT Strengths Weaknesses Opportunities dan Threats Beserta Contohnya  

Analisis SWOT Strengths Weaknesses Opportunities dan Threats Beserta Contohnya

Kekuatan (strength)

Elemen pertama dari analisis SWOT adalah Kekuatan. Elemen ini membahas hal-hal yang dilakukan perusahaan atau proyek dengan sangat baik. Ini bisa berupa sesuatu yang tidak berwujud, seperti atribut merek perusahaan, atau sesuatu yang lebih mudah didefinisikan seperti proposisi penjualan unik dari lini produk tertentu. Bisa juga dengan orang-orang perusahaan, sumber daya manusia literal, kepemimpinan yang kuat, atau tim teknik yang hebat.

Kelemahan (weakness)

Setelah mengetahui kekuatan, saatnya untuk mengubah kesadaran diri kritis itu pada kelemahan. Apa yang menjadi penghambat bisnis atau proyek? Elemen ini dapat mencakup tantangan organisasi seperti kekurangan orang yang terampil dan keterbatasan keuangan atau anggaran.

Elemen analisis SWOT ini juga dapat mencakup kelemahan dalam kaitannya dengan perusahaan lain di industri, seperti kurangnya USP yang didefinisikan dengan jelas di pasar yang ramai.

Peluang (opportunities)

Selanjutnya adalah Peluang. Tidak dapat mengimbangi volume penjualan yang dihasilkan oleh tim pemasaran? Itu adalah peluang. Apakah perusahaan mengembangkan ide baru yang inovatif yang akan membuka pasar baru atau demografi? Itu peluang lain.

Sederhananya, elemen ini mencakup segala yang dapat lakukan untuk meningkatkan penjualan, tumbuh sebagai perusahaan, atau memajukan misi organisasi.

Ancaman (threats)

Elemen terakhir adalah Ancaman – segala sesuatu yang berisiko bagi perusahaan sendiri atau kemungkinan keberhasilan atau pertumbuhannya.

Ini dapat mencakup hal-hal seperti pesaing yang baru muncul, perubahan dalam undang-undang pengaturan, risiko keuangan, dan hampir semua hal lain yang berpotensi membahayakan masa depan perusahaan atau proyek Anda.

Contoh Analisis SWOT

Potong rambut Baratan memiliki Aura tersendiri dalam menarik pelanggan. Sebelum potong rambut Baratan didirikan, di daerah tersebut sudah ada tempat untuk potong rambut, dan tempat tersebut sudah banyak dikenal oleh orang, pada tahun 2015 berdirilah potong rambut Baratan, dengan menggunakan bahan yang seadanya dan sederhana, dengan cat warna hijau dan temboknya terbuat dari bambu. Selang beberapa hari setelah berdirinya tempat tersebut, potong rambut Baratan mulai ramai dikunjungi oleh pelanggan, mulai dari sinilah potong rambut Baratan menunjukkan skillnya dalam memotong rambut, dan hasil potongan rambutnya memang bagus dan sesuai selera baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa terutama bagi anak-anak milenial jaman sekarang, dan harganya pun hemat di kantong, Hal inilah yang membuat potong rambut Baratan semakin hari pelanggan semakin ramai. Harga potong rambutnya waktu pertama kali didirikan yaitu Rp5.000, dan sekarang sudah naik menjadi Rp10.000, dan pelanggan masih tetap ramai seperti biasanya.

Strengths (Kekuatan)

Faktor dari potong rambut Baratan yang selalu ramai dan banyak diminati baik dari kalangan anak-anak maupun sampai orang dewasa, yaitu dari kemampuan pemotong rambut Baratan yang sangat baik, cepat, terampil dan rapi dalam memotong rambut, dan selalu menuruti apa kemauan dari pelanggan dan potongannya sesuai dengan keinginan dari pada pelanggannya. Potongan rambut yang selalu cocok kepada pelanggannya inilah yang menjadi kelebihan dan kekuatan dari potongan rambut Baratan yang tidak pernah mengecewakan pelanggannya.

Weaknesses (Kelemahan)

Kelemahan dari potong rambut Baratan yaitu pada fasilitasnya, mulai dari tempat yang digunakan untuk memotong rambut contohnya tembok terbuat dari bambu lantai menggunakan tanah dan tidak ada tempat yang yang cukup untuk parkir sepeda moto. Lalu tidak ada fasilitas free wi-fi, dimana fasilitas ini sangat bermanfaat ketika pelanggan mengantri.  apalagi bagi anak milenial fasilitas ini bukan lagi hal yang asing, mereka dapat bersantai selagi menunggu antrian.

Opportunities (Peluang)

Mereka melihat bahwa anak milenial zaman sekarang ini selalu mengikuti trend, begitu pula dengan trend model rambut saat ini, dengan fenomena tersebut potong rambut Baratan selalu berusaha terus menerus mengikuti dan memgbangakan model rambut saat ini, agar dapat menarik perhatian kaum milenial.

Ancaman (Threats)

Pertama, Listrik mungkin menjadi hambata bagi Seorang pebisnis yang bergerak di bidang potong rambut, karena kalau mati listrik atau padam alat pemotong rambut elektronik tidak bisa digunakan,  mau tidak mau ketika padam pelanggan tidak bisa potong rambut.

Kedua, adanya pembisnis lain di wilayah yang sama, bergerak juga di bidang potong rambut. Mau tidak mau potong rambut Baratan harus bersaing dengan pemotong rambut di sekitarnya.