Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu ABC Dalam Jurnalistik Profesional

Apa itu ABC Dalam Jurnalistik Profesional - caraku.id Dalam dunia jurnalistik ada sebuah istilah bahwa berita itu setidaknya harus memenuhi ABC yakni Accuracy atau ketepatan, Balanced atau imbang dan Clarity atau kejelasan. Jika sebuah berita bisa memenuhi ketiga elemen ini maka berita tersebut bisa dikatakan layak tayang. agar lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Apa itu ABC Dalam Jurnalistik Profesional

Apa itu ABC Dalam Jurnalistik Profesional

1. Accuracy atau Ketepatan

Adalah hal yang paling penting dalam penulisan berita. Jika Anda tidak dapat memberikan elemen yang ditemukan dalam berita, Anda mengetik, Anda belum mendapatkan minat para penonton. Ini juga berarti berita yang Anda tulis kehilangan kredibilitas. Jadi persiapkan fakta yang akan Anda sampaikan. Periksa, periksa semua elemen dan materi berita, dan jangan menebak.

2. Balanced atau Imbang

Dengan menutupi berita, semuanya harus seimbang sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai bahan transmisi. Untuk alasan ini, kedua belah pihak yang mencakup upaya diperlukan. Khususnya berita kontroversial, mencakup kedua belah pihak adalah suatu keharusan. Jika bukan berita, Anda akan kehilangan kredibilitas Anda. Ketidakseimbangan dalam cakupan televisi dan berita radio masih banyak yang kami temukan, terutama di negara-negara yang musimnya masih dikelola oleh pemerintah.

3. Clarity atau Kejelasan

Jika pesan yang mentransmisikan tidak dapat dipahami oleh pemirsa atau pendengar, yang berarti bahwa pesannya tidak jelas. Ingatlah bahwa pendengar radio dan pemirsa televisi hanya memiliki kesempatan untuk mendengarkan dan melihat pesan yang ditransmisikan. Kurangnya penggunaan kesempatan ini, yang berarti bahwa proses komunikasi yang terbangun juga gagal total.