Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Konsep Iklan Layanan Masyarakat

Cara Membuat Konsep Iklan Layanan Masyarakat - caraku.id Bagi Kasali 1992: 121, Public Service Announcement( iklan layanan masyarakat) merupakan sesuatu permintaan penyiaran yang dikeluarkan Lembaga Swadaya Masyarakat( LSM) serta pemerintah secara langsung selaku bentuk solidaritas terhadap permasalahan masyarakat. Semacam pada data kedisiplinan kemudian lintas, program pemerintah serta data berarti yang lain.

Cara Membuat Konsep Iklan Layanan Masyarakat

Cara Membuat Konsep Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Pendidikan

A. Kearakteristik Iklan

Judul: Pendidikan

Nama media: Poster

Ukuran: 42 centimeter x 59. 4 cm

Format: Potrait

Bahan: Kertas Ivory 320

B. Sasaran Market

Umur: 7- 24 Tahun

Tipe Kelamin: Pria serta Perempuan

Lokasi: Perkotaan serta Pedesaan

Psikografi: Pelajar serta Mahasiswa

Edukasi: SD, SMP, SMA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) serta PPerguruan Tinggi

C. Konsep Narasi

Dikala orang tua membagikan pendidikan yang layak kepada anak, hingga anak hendak berfikir kalau orang tua mereka sangat memperdulikan masa depan mereka. Dikala anak beranjak berusia nanti serta dikala mereka mempunyai anak, mereka hendak berfikiran sama dengan orang tua mereka ialah membagikan masa depan yang layak, menyekolahkan anaknya. Sehingga tidak terdapat lagi kebodohan yang hendak merugikan mereka. Dengan membagikan pendidikan kepada anak, orang tua sudahmemberikan masa depan yang terang kepada anak serta menghindarkan mereka dari aksi eksploitasi seks komersial anak sebab dengan terletak di sekolah, anak hendak memperoleh pengetahuan serta pengalaman yang hendak bermanfaat buat dirinya di kehidupan mereka nanti, dikala anak tidak lagi tergantung kepada orang tua. Anak pula hendak memperoleh kecakapan hidup yang hendak menolong mereka melaksanakan kehidupannya dikemudian hari. Mereka hendak belajar tentang kehidupan, ilmu serta berhubungan dengan orang lain. Dengan berhubungan dengan orang lain hingga anak hendak banyak memperoleh pengalaman yang tidak dia miliki dikala dia cuma tinggal di rumah saja.

D. Konsep Visual

a). Ilustrasi

Ilustrasi disini menggunakan ilmu fotografi, ialah memadukan potongan- potongan gambar yang berisikan kegiatan sekolah, upacara, kegiatan belajar di dalam kelas ataupun belajar diluar kelas, kegembiraan siswa yang lagi belajar, senyuman mereka sangatlah lugu serta natural. Ilustrasi ini mau menggambarkan bahwasanya pendidikan sangat berarti buat masa depan anak. Di sekolah mereka diajarkan ilmu sosial, alam, bahasa serta masih bayak lagi yang mana ilmu tersebut sangat bermanfaat untuk kehidupan mereka.

Pada tulisan“ PENDIDIKAN” huruf A di ubah dengan foto novel. Perihal ini buat mengilustrasikan peribahasa“ novel merupakan jendela dunia” karena dengan membaca novel mereka bisa memperoleh pengetahuan baru yang tidak mereka miliki di sekolah, ini seluruh buat melindungi mereka supaya tidak gampang buat dibodohi oleh seorang yang mau mengambil keuntungan dari mereka. Latar dari poster ini berbeda dari seluruh poster tadinya. Poster ini mengggunakan warna biru pada latarnya, karena warna biru mempunyai arti keyakinan, keamanaan serta perintah. Jadi, poster ini membagikan perintah kalau pendidikan sangatlah pendidikan buat masa depan anak, pula dengan pendidikan membagikan mereka rasa nyaman dari hal- hal yang tidak di idamkan yang bisa merugikan masa depan.

E. Tipografi

a) Headline

Headline bertuliskan“ Lewat PENDIDIKAN” dengan memakai warna gelap 90%, pada tulisan“ Lewat” menggunkan font Calibri 72 pt serta pada tulisan“ PENDIDIKAN” memakai font Chapparal Pro 150 pt, dengan mengubah huruf“ A” pada kata“ PENDIDIKAN” dengan foto suatu novel yang terbuka.

b) Sub Headline

Sub headline bertuliskan“ Selamatkan Generasi Muda dari Eksploitasi Seks komersial Anak” dengan memakai warna gelap 90% pada tulisan“ Selamatkan Generasi Muda dari” serta warna merah pada tulisan“ Eksploitasi Seks Komersial Anak”. Pada tulisan“ Selamatkan Generasi Muda” serta tulisan“ dari” menggunakanfont Calibri 60 pt serta pada tulisan“ Eksploitasi Seks Komersial Anak” memakai font Chapparal Pro 72 pt.

Itulah beberapa contoh dari pada konsep iklan layanan masyarakat yang kami rangkum sedemikian rupa agar mudah dipahami, semoga cara membuat konsep iklan layanan masyarakat ini bisa membantu bagi kalian yang kesusahan dalam membuat konsep iklan layanan masyarakat dan semoga dapat bermanfaat.